PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERINGATAN BAHAYA MEROKOK PADA SETIAP KEMASAN ROKOK (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa Fakultas Dakwah KPI (Komunikasi Penyiaran Islam) IAIN Purwokerto)

MUHAMMAD ASNGAD, 1123102005 (2016) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERINGATAN BAHAYA MEROKOK PADA SETIAP KEMASAN ROKOK (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa Fakultas Dakwah KPI (Komunikasi Penyiaran Islam) IAIN Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUHAMMAD ASNGAD_PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERINGATAN BAHAYA MEROKOK PADA SETIAP KEMASAN ROKOK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak perokok yang tetap saja merokok padahal bahaya merokok sangat berbahaya. Kemudian banyaknya peringatan bahaya merokok tidak lantas membuat para perokok berhenti merokok bahkan disetiap kemasan rokok sudah tercantum peringatan bahaya merokok tersebut. Dikalangan mahasiswapun banyak sekali yang mengkonsumsi rokok, yang seharusnya mereka sudah mempunyai pengetahuan akademik yang tinggi dan lebih paham apa arti kesehatan, lebih mengerti mengenai berbahayanya rokok, tapi merekapun masih tetap saja nekat untuk mengkonsumsi rokok. Keadaan ini membuat peneliti ingin mengetahui persepsi mahasiswa perokok terhadap peringatan bahaya merokok pada setiap kemasan rokok (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Dakwah KPI (Komunikasi Penyiaran Islam) IAIN Purwokerto). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara terstruktur disertai wawancara mendalam yang dilakukan peneliti kepada para informan. Untuk mendapatkan persepsi mahasiswa terhadap peringatan bahaya merokok tersebut, analisis data menggunakan tahapan persepsi Alo Liliweri yaitu stimulation, organization, interpretation-evaluation, memory dan recall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap peringatan bahaya merokok pada setiap kemasan rokok yaitu informan mengetahui peringatan tersebut, bahkan mengetahui makna dari adanya peringatan tersebut, namun mereka beranggapan peringatan tersebut hanya mengada-ada, rekayasa, dan dibuat hanya untuk menakut-nakuti para perokok, dan mereka beranggapan bahwa bahaya merokok dalam peringatan tersebut tidak sesuai dengan efek bahaya yang mereka rasakan selama merokok. Kata kunci: Persepsi, peringatan bahaya merokok, pengalaman masa lalu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 17 Jun 2016 01:08
Last Modified: 17 Jun 2016 01:08
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item