PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS AL FATAH MAOS KABUPATEN CILACAP

Arip Abdul Rohman, 1123310031 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS AL FATAH MAOS KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ARIP ABDUL ROHMAN_092338051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (578kB) | Preview

Abstract

Penerapan pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Fatah Maos adalah rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam kelompok-kelompok tertentu yang berbeda latar belakang dan kondisi untuk bekerja saling bergantung satu sama lain atas tugas-tugas bersama dalam menyiapkan peserta didik agar mampu mengenal, memahami, menghayati sejarah dan kebudayaan Islam, yang kemudian menjadi dasar pandangan hidup (way of life) melalui bimbingan, pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman dan pembiasaan yang dilaksanakan di MTs Al Fatah Maos Kabupaten Cilacap. Fokus dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Fatah Maos Kabupaten Cilacap?” Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulkan data: observasi,wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru SKI MTs Al Fatah Maos Kabupaten Cilacap, yaitu Rousatun, S.Pd.I., Kepala MTs Al Fatah Maos Kabupaten Cilacap, yaituH. Arif Hizbullah, MA., dan siswa MTs Al Fatah Maos Kabupaten Cilacap yang berjumlah 204 siswa. Adapun objek dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Al Fatah Maos Kabupaten Cilacap.Analisis data adalah analisis kualitatif dengan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Berdasar penelitian yang sudah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Tsanawiyah Al Fatah Maos Kabupaten Cilacap sudah dilaksanakan dengan baik. Awalnya guru menyiapkan kelompok-kelompok belajar yang dinilai memiliki kemampuan yang seimbang. Model pembelajaran kooperatif yang sering digunakan guru adalah Student Team Achievement Division (STAD), jigsaw dan Team Game Tournament (TGT). Jigsaw biasanya digunakan pada pertemuan pertama pada suatu materi. Tujuannya adalah siswa dapat mengumpulkan informasi sebanya-banyaknya dengan cara yang menarik. Adapun STAD dan TGT biasanya dilakukan pada pertemuan-pertemuan selanjutnya untuk dapat mempercepat pemahaman siswa tentang materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, SKI, MTs
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:30
Last Modified: 06 Apr 2017 02:30
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2387

Actions (login required)

View Item View Item