PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET DI KELAS V MI MA’ARIF NU 1 BANTARBARANG KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Lukman Hakim, NIM. 102335058 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET DI KELAS V MI MA’ARIF NU 1 BANTARBARANG KECAMATAN REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Lukman Hakim_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR MENENTUKAN SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET DI KELAS V MI MA’ARIF NU 1 BANTARBARANG KECAMATAN REMBANG KABUPA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaranmatematika di SD/MI merupakanawaldalammempelajarimatematika. Makamatematika di SD/MI haruslahmengajarkanmengenaikonsepdalammatematika. Namun, sangatdisayangkanpembelajaranmatematika di SD/MI belummenerapkankonseptersebut. Matematikamenjadipelajaranhafalan. Padahalmatematikasendirihakekatnyaadalahaktifitasmanusia. Hal inimenjadikanmatematikamenjadimatapelajaran yang seolah-olahterpisahdengankehidupansehari-hari. Makatakheranjikasiswajugamulaiasing, sehinggahasibelajarsiswamenjadikurangbaik. Hal inijuga yang terjadi di MI Ma’arif NU 1 Bantarbarang. Alatperagamerupakan media yang tepatdigunakandalampembelajaranmatematika. Denganadanyaalatperagaakanmenurunkankeabstrakandarisuatukonsep. Denganbegitusiswaakanlebihmudahdalammemahamikonsep. Alatperagabendakonkretjugadapatmenjadikansiswamemahamipenggunaanmatematikadalamkehidupansehari-hari. PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK) Kolaboratif yang bertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikapadakompetensidasarmenentukansifat-sifatbangunruangmenggunakanalatperagabendakonkret. Subjekpenelitianiniyaitusiswakela V MI Ma’arif NU 1 Bantarbarangtahunpelajaran 2014/2015. Metodepengumpulan data dalampenelitianiniyaituwawancara, dokumentasidantes. Penelitianinidilaksanakanselamaduasiklus. Padaprasiklusterdapat 7 siswa yang tuntasbelajarataupresentaseketuntasanbelajarsebesar 29.16%. sedangkanpadasiklus I terdapat 18 siswa yang telahtuntasbelajarataupresentasiketuntasansebesar 75%, mengalamikenaikansebesar 45.84% dariprasiklus. Sedangkanpadasiklus II terdapatsebanyak 20 siswa yang telahtuntasbelajarataupresentaseketuntasanbelajarsebesar 83.33%, sehinggamengalamikenaikansebesar 8.33% dibandingkandengansiklus I.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 15 Jun 2016 02:23
Last Modified: 15 Jun 2016 02:23
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/231

Actions (login required)

View Item View Item