PEMBINAAN ROHIS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMK MA’ARIF 6 AYAH KABUPATEN KEBUMEN

FATHIMAH, 1223308041 (2016) PEMBINAAN ROHIS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMK MA’ARIF 6 AYAH KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
Fatimah_Pembinaan Kegiatan Keagamaan Melalui Rohis di SMK Ma’arif 6 Ayah kabupaten Kebumen.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img]
Preview
Text
Cover_BabI_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi dunia pendidikan yang sedang di guncang oleh berbagai perubahan sesuai dengan tuntutan zaman kebutuhan masyarakat, serta ditantang untuk menjawab berbagai permasalahan lokal dan perubahan global. Khususnya banyaknya persoalan pembelajaran dewasa ini, khususnya pada mata pelajaran PAI dalam proses pembelajarannya dirasa masih kurang jika hanya dilakukan didalam kelas dari segi keberhasilannya dalam membentuk dimensi aspek kepribadian secara serasi, selaras, dan seimbang. Pendidikan agama perlu diarahkan untuk mengembangkan iman, akhlak, hati nurani, budi pekerti, yang baik. Berkenaan dengan hal tersebut maka upaya untuk menegakkan upaya pendidikan dalam rangka pembangunan manusia seutuhnya merupakan suatu keharusan bagi kita semua baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan sosial. Dengan memahami pembangunan manusia seutuhnya peserta didik SMK Ma’arif 6 Ayah Kabupaten Kebumen sebagai salah satu lembaga pendidikan formaldituntut untuk dapat membentuk perilaku peserta didiknya dengan cara melakukan pembinaan Rohis melalui kegiatan keagamaan agar siswa memiliki budi perkerti yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan tentang bagaimana pembinaan Rohis melalui kegiatan keagamaan di SMK Ma’arif 6 Ayah Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Data primer diperoleh melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan guru pendidikan agama Islam sekaligus pembina Rohis SMK Ma’arif 6 Ayah Kabupaten Kebumen. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah dan peserta didik. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data, antara lain : Reduksi data ( Data Reduction), penyajian data ( Data Display), dan penarikan kesimpulan/ Verifikasi ( Conclusion Drawing/ Verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya pembinaan Rohis kegiatan keagamaan menggunakan metode kegiatan keagamaan harian, kegiatan keagamaan mingguan, kegiatan keagamaan bulanan, kegiatan keagamaan tahunan. Dari analisis yang penulis lakukan terhadap kegiatan keagamaan melalui kegiatan keagamaan harian, kegiatan keagamaan mingguan, kegiatan keagamaan bulanan dan kegiatan keagamaan tahunan , dalam rangka membentuk kepribadian manusia Indonesia yang seutuhnya,, dapat disumpulkan bahwa sudah berjalan cukup baik. Hal ini dapat terlihat dari respon seluruh warga sekolah baik guru, karyawan maupun peserta didik dalam melakukan kegiatan keagaman sehingga pembinaan Rohis melalui kegiatan keagamaan disekolah berjalan dengan kondusif, dan tujuan yang diinginkan tercapai dari program ini dapat tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan,Rohis, Kegiatan Keagamaan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3304 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 27 Mar 2017 02:22
Last Modified: 27 Mar 2017 02:22
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2309

Actions (login required)

View Item View Item