PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SUB POKOK BAHASAN ALAT PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI MI MA’ARIF TAMANSARI KARANGLEWAS BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015

SITI MASLAAH, NIM: 1123306070 (2016) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SUB POKOK BAHASAN ALAT PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI MI MA’ARIF TAMANSARI KARANGLEWAS BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SITI MASLAAH_PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SUB POKOK BAHASAN ALAT PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI MI MA’ARIF TAMANSARI KARANGLEWAS BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajran Ilmu Pengetahuan Alam Pokok bahasan Alat Peredran Darah Pada Manusia pada siswa kelas V MI Ma’arif Tamansari Karanglewas Banyumas .Hal ini dapat dibuktikan denganr rata –rata kelas untuk mata pelajar IPA Pokok Bahasan Alat Peredaran Darah Pada Manusia yaitu 63,91 .Padahal Kriteria Ketuntasan Minimal untuk mata pelajar IPA di MI Ma’arif Tamansari adalah 70. Peneliti berupaya untuk meningkatakan prestasi belajar siswa dengan cara melakukan perbaikan pembelajar dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus pada materi Alat Peredaran Darah Pada Manusia dengan menggunakan media gambar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif Komparatif dengan tehnik pengolahan data yang dilakukan menganalisis data kualitatif hasil penegamatan yang terjadi pada setiap proses pembelajaran , dengan adanya perubahan yang terjadi pada setiap siklus dan menampilka data kuantitatif dari hasil tes perbaikan pembelajran setiap siklus.Yaitu dengan menghitung nilai rata-rata hasil ulangan IPA,menghitung taraf serap siswa dan membandingkan hasil ulangan siswa dengan KKM Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar IPA Pokok bahasa Alat Peredaran darah pada manusia .Hal ini terbukti dari hasil pembelajaran siklus 1 dan siklus II yang semakin meningkat .Pada siklus I rata-ratanya mencapai 63,91dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 30 ,taraf serapnya 60,80 % untuk siklus kedua rata-ratanya 83,91 ,nilai tertinggi 100 dan terendah 60 serta taraf serapnya 95,65 %.Dari hasil penelitian tersebut mennjukkan bahwa peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam perlu adanya kreatifitas guru untuk menggunakan media pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai Kata kunci :media gambar,prestasi belajar ,alat peredaran darah pada manusia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:20
Last Modified: 14 Jun 2016 07:20
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/221

Actions (login required)

View Item View Item