PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM POKOK BAHASAN DAUR AIR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SEMESTER IIMI MA’ARIF NU SANGUWATANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nur Hidayati, 1223310017 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM POKOK BAHASAN DAUR AIR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SEMESTER IIMI MA’ARIF NU SANGUWATANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
NURHIDAYATI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran memberikan banyak manfaat dalam pembelajaran diantaranya yaitu memperjelas pesan, mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera serta memberikan rangsangan pada siswa.Salah satu media pembelajaran yaitu media audio visual.Media audio visual yaitu media yang mengandung unsur audio dan visual.Media audio visual mempunyai keunggulan karena melibatkan beberapa indera sekaligus yaitu indera pendengaran dan indera penglihatan.Media ini sangat sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran IPA materi daur air karena media ini dapat mengatasi kesulitan yang dihadapi dalam pembelajaran tersebut. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Daur Air melalui media audio visual pada siswa kelas V semester II MI Ma’arif NU Sanguwatang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis PTK. Urutan kegiatan penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan pengukuran hasil belajar.Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisa deskriptif yang terdiri atas 3 (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran audio visual terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA materi daur air kelas V semester II di MI Ma’arif NU Sanguwatang. Hal ini dapat dilihat pada tabel pra siklus sampai siklus II menunjukan peningkatan yang cukup signifikan, yaitu dari 10 siswa (41,66%) menjadi 21 siswa (87,50%). Nilai rata-rata juga meningkat dari 61,67 menjadi 76,67. Berdasarkan penelitian ini hendaknya guru mampu memilih media pembelajaran yang sesuai sehingga siswa dapat termotivasi untuk belajar.Dalam hal ini, guru dapat menggunakan media audio visual dalam pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Hasil Belajar, IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 01 Mar 2017 03:32
Last Modified: 01 Mar 2017 03:32
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2206

Actions (login required)

View Item View Item