Manajemen Program Pembinaan Bakat Siswa di MI Ma’arif NU Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Oleh: Eswi NIM.: 1223303040

Eswi, 1223303040 (2017) Manajemen Program Pembinaan Bakat Siswa di MI Ma’arif NU Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Oleh: Eswi NIM.: 1223303040. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ESWI __Manajemen Program Pembinaan Bakat Siswa di MI Ma’arif NU Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Seperti yang diketahui sebuah lembaga pendidikan sekolah berperan sebagai sebuah sistem yang didalamnya memiliki mekanisme yang mampu mengatur dan mengoptimalkan berbagai komponen dan sumber daya pendidikan yang ada. Siswa sebagai salah satu sumber pendidikan merupakan input utama bagi proses pendidikan. Oleh karena itu guru berperan sebagai pembina dalam menggali serta mengembangkan bakat siswa. Sehingga guru harus memiliki manajemen program yang baik untuk membina bakat siswa agar terciptanya siswa yang berprestasi dan sekolah yang berkualitas. Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah: “Bagaimana Manajemen Program Pembinaan Bakat Siswa di MI Ma’arif NU Sidabowa KecamatanPatikrajaKabupatenBanyumas?” Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmengetahuilebihlanjuttentangmanajemen program pembinaan bakat siswa di MI Ma’arif NU Sidabowa Patikraja serta kendala-kendala dalam manajemen program pembinaan bakat siswa tersebut.Jenispenelitianini, merupakanpenelitianlapangan (field research) danpenelitianinidigolongkankedalamdeskriptifkualitatif.Untukkeperluanpengumpulan data penelitianinimenggunakanmetodewawancara, observasi, dandokumentasi.Sedangkandalammenganalisis data penelitianmenggunakanpolainteraktifyaitureduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Hasil dari penelitian adalah manajemen program pembinaan bakat siswa di MI Ma’arif NU Sidabowa Patikraja berjalan sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pengawasan dan penilaian. Dalam proses perencanaan melalui tahapan merencanakan kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan, memilih guru pembina sebagai pendamping dan pembina, mengidentifikasi bakat siswa dan pembiayaan yang nantinya akan dikeluarkan untuk proses kegiatan pembinaan bakat siswa. Kemudian pengorganisasian yang baik dalam manajemen program pembinaan bakat siswa dengan melaksanakan pembagian tugas sesuai dengan ketrampilan dan kemampuan yang dimiliki oleh guru, juga melaksanakan penggerakkan untuk memotivasi guru dan siswa-siswanya agar lebih bersemangat. Pengawasan telah melalui tahapan pengawasan dan penilaian terhadap proses pembinaan bakat siswa. Kendala-kendala dalam manajemen program pembinaan bakat siswa sejauh ini masih bisa diatasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program, Pembinaan Bakat Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Feb 2017 07:10
Last Modified: 17 Feb 2017 07:10
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2165

Actions (login required)

View Item View Item