PEMBELAJARAN AL QUR’AN PADA KELAS PERCONTOHAN AN NAJM LEVEL 4 DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO

Tri Nurhani, trinurhani90@gmail.com (2016) PEMBELAJARAN AL QUR’AN PADA KELAS PERCONTOHAN AN NAJM LEVEL 4 DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, BabI, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
TRI NURHANI_PEMBELAJARAN AL QUR’AN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sebagai umat Islam yang beriman kepada Allah Swt hendaknya mengimani Al Qur’an sebagai wahyu yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad Saw. Al Qur’an diturunkan ke bumi bukan tanpa tujuan melainkan sebagai pedoman hidup (way of life) bagi manusia agar dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Dalam mewujudkan iman kepada kitab Allah berarti manusia wajib mempelajari Al Qur’an. Pembelajaran Al Qur’an paling baik adalah dilakukan sejak dini mungkin. Karena belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu sedangkan belajar di waktu tua seperti mengukir di atas air. Pembelajaran Al Qur’an yang pertama kali diajarkan Rasulullah Saw adalah dengan menghafal. Karena Al Qur’an diturunkan pun dengan cara sebagian-sebagian dan kemudian dihafalkan agar tetap lestari dan diajarkan ke para sahabat. Oleh karena itu, SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto sebagai lembaga pendidikan formal yang bernafaskan Islam menciptakan program kelas percontohan dengan pembelajaran Al Qur’an yang kurikulumnya didesain untuk melahirkan para hafidz dan hafidzah. Kelas percontohan An Najm ini merupakan angkatan pertama yang diharapkan nantinya mampu mencapai target hafalan ayat Al Qur’an yang tinggi dan baik secara kualitas. Sehingga siswa kelas percontohan ini benar-benar mampu menjadi contoh dalam prestasi bidang akademik dan tahfidz Al Qur’annya, jadi bukan hanya cerdas secara intelektual namun juga secara spiritual. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran Al Qur’an pada kelas percontohan An Najm level 4 di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data dan menyajikan data. Hasil penelitian menggambarkan proses pembelajaran Al Qur’an di mana di dalamnya memiliki konsep seperti perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Di dalam pembelajaran Al Qur’an ini lebih menekankan pada sisi bagaimana siswa mampu mencapai hafalan Al Qur’an sesuai dengan target yang ditetapkan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut diperlukan kerja sama yang baik antara siswa, guru, sekolah, dan orang tua harus benar-benar terlibat langsung sehingga pembelajaran Al Qur’an dapat berjalan dengan sangat optimal. Kata kunci: Pembelajaran Al Qur’an, Hafalan Al Qur’an pada kelas percontohan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:06
Last Modified: 14 Jun 2016 07:06
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item