EVALUASI RANAH AFEKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB C-C1 YAKUT PURWOKERTO

Aman Trismanto, 1223301093 (2016) EVALUASI RANAH AFEKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SDLB C-C1 YAKUT PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
AMAN TRISMANTO_EVALUASI RANAH AFEKTIF.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Evaluasi ranah afektif adalah suatu kegiatan untuk mendapatkan hasil, yang berupa penilaian sikap dan perilaku, yang nantinya hasil dari kegiatan evaluasi tersebut dapat menggambarkan siswa.Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui dan mendiskripsikan evaluasi pada ranah afektif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDLB C-C1 YAKUT Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk dapat memperoleh data-data yang diperlukan, peneliti menggunakan metode observasi, wawncara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas V dan VI SDLB C-C1 YAKUT Purwokerto. Sedangkan obyek penelitian ini adalah pelaksanaan evaluasi ranah avektif mata pelajaranPendidikan Agama Islam dan siswa kelas V dan VI SDLB C-C1 YAKUT Purwokerto. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penariakan kesimpulan. Hasil penelitian yang penulis lakukan, menunjukan bahwa evaluasi ranah afektif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDLB C-C1 YAKUT Purwokerto, guru Pendidikan Agama Islam melaksanakan tahap-tahap evaluasi diantaranya yaitu: Tahap perencanaan evaluasi ranah afektif membuat rencana evaluasi terlebih dahulu dengan maksimal. Hal ini dapat dilihat dengan guru melakukan beberpa tahap sebelum membuat perencanaan, diantaranya: merumuskan tujuan kegiatan evaluasi, menentukan aspek-aspek yang akan dievaluasi, menentukan dan memilih teknik yang akan digunakan didalam pelaksanaan evaluasi, menyusun alat evaluasi yang akan digunakan dalam evaluasi ranah afektif, menentukan tolak ukur norma atau keriteria yang akan disajikan sebagai acauan dalam evaluasi ranah afekti, menetukan frekuensi dari kegiatan evaluasi ranah afektif. Tahap pelaksanaan evaluasi ranah afektif yaitu penilaian terhadap sikap dan perilaku keagaamaan. Untuk penilaian sikap, yaitu sikap kerjasama dan sikap partisipasi. Sedangkan untuk perilaku agama yaitu melakukan runitinitas sholat dhur yang di pandu oleh wali kelas. Tahap pengolahan data pelaksanaan evalauasi ranah afektif dapat dilihat dari dalam pemberian sekor sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Setiap kriteria memiliki bobot nilai dari yang rendah, sedang hingga yang tinggi. Tahap pelaporan evaluasi ranah afektif pelaksanaan maupun pengolahan akhir atau mengambil suatu keputusan selalu bekerjasama dengan guru wali kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Ranah Afektif matapelajaran pendidikan Agama Isalam pada anak Tunagrahita
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.382 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Feb 2017 03:44
Last Modified: 16 Feb 2017 03:44
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2152

Actions (login required)

View Item View Item