PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM SISWA BUSTANUL ATFAL AISYIYAH PENAMBONGAN PURBALINGGA

Ayu Budianti, 102338063 (2016) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM SISWA BUSTANUL ATFAL AISYIYAH PENAMBONGAN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
Ayu Budianti_PENANAMAN NILAI - NILAI PENDIDIKAN ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, bab I,V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Siswa Bustanul Atfal Aisyiyah Penambongan Purbalingga. Hal yang menarik di sekolah ini adalah adanya penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dengan menggunakan berbagai metode. Untuk itu penulis tertarik untuk mengetahui “Bagaimana penerapan Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam yang digunakan guru pada Siswa Bustanul Athfal Aisyiyah penambongan Purbalingga?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana penerapan Metode Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam Siswa Bustanul Atfal Aisyiyah Penambongan Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah riset lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. dan bersifat deskriptif. Perolehan data dilakukan dengan menggali data dari beberapa sumber yaitu kepala sekolah dan guru kelas, dan siswa itu sendiri secara langsung melalui wawancara, pengambilan data dokumen serta pengamatan penulis dalam semua Aktifitas di dalam kelas maupun di luar kelas. Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam sejak usia dini sangat penting. Beberapa upaya Bustanul Atfal Aisyiyah Penambongan Purbalingga dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Islam, yaitu pertama upaya pembiasaan anak sejak dini untuk melakukan perilaku-perilaku yang islami seperti menghormati yang lebih tua, saling memaafkan dan berkata baik dan sopan. Kedua, nasehat berupa komunikasi suportif dengan bahasa yang halus, lembut, dan senantiasa mendorong untuk maukan kebaikan. Nasehat digunaan untuk memberitahukan kepada anak secara berlahan tetang yang sebaiknya ia lakukan. Ketiga, memberikan keteladanan guru bagi anak di pendidikan anak usia dini sangat berperan penting. Perilaku guru memberikan efekyang besar terhadap keinginan anak untuk meniru perilaku mereka. Metode yang digunakan Bustanul Atfal Aisyiyah Penambongan Purbalingga dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam antara lain dengan; tanya jawab, bernyanyi, tepuk-tepuk, bercerita, dan menghafal. Pada prinsipnya metode ini digunakan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman seputar agama Islam. Kata kunci : Penanaman nilai-nilai pendidikan Islam Bustanul Atfal Aisyiyah Penambongan Purbalingga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:02
Last Modified: 14 Jun 2016 07:02
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item