PERILAKU MEROKOK PADA PELAJAR SMP NEGERI 04 KUTASARI PURBALINGGA

MARSINI, NIM : 1123103027 (2016) PERILAKU MEROKOK PADA PELAJAR SMP NEGERI 04 KUTASARI PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (823kB) | Preview
[img] Text
MARSINI_PERILAKU MEROKOK PADA PELAJAR SMP NEGERI 04 KUTASARI PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada remaja saatini, merokok merupakan suatu pemandangan yang sangat tidak asing. Kebiasaan merokok dianggap dapat memberikan kenikmatan bagi perokok, namun di lain pihak dapat menimbulkan dampak buruk bagi perokok sendiri maupun orang-orang disekitarnya. Hal ini sejalan dengan kegiatan merokok yang dilakukan oleh remaja yang biasanya dilakukan di depan orang lain, terutama dilakukan di depan kelompoknya karena mereka sangat tertatik kepada kelompoksebayanya atau dengan kata lain terikat dengan kelompoknya. Masa remaja bias jad imasa di mana individu mengkonsumsi rokok.Usia pertama kali merokok umumnya berkisar antara usia 11-13 tahun dan mereka pada umumnya merokok sebelumusia 18 tahun. Usia diman amerekam asih duduk sebagai pelajar tingkat pertama. Peneilitian ini merupakan jenis penelitiaan kualitatifyaitu penelitiaan yang mengungkapkan gejala menyeluruh dan sesuai dengan konteks (holistik-kontekstual) melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci adapun metode pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara, kuisioner, dokumentasi dan gabungan dar ikeempatnya. Dari hasil penelitian, terdapat banyak alasan yang melatarbelakang iremaja untuk merokok. Secara umum berdasarkan observasi dan wawancara peneliti dengan pelajar di SMP Negeri 4 Purbalingga, mereka merokok karena menganggap merokokmerupakan fungsidari lingkungan dan individu. Artinya, perilaku merokok selain disebabkan darifaktor lingkungan juga disebabkan oleh factor diria tau kepribadian. Faktor lingkungan, yaitu karena teman-teman sepergaulan, baik disekolah maupun diluar sekolah, juga karena lingkunga nkeluarga yang bersikap permisif terhadap perilaku anaknya yang meroko.Faktor kepribadian, karena anak tersebut merasakanada kenikmatan dan kepuasan ssat merokok. Kata Kunci:Perilaku Merokok, Pelajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 14 Jun 2016 05:32
Last Modified: 14 Jun 2016 05:32
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item