POLA PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN PADA KELOMPOK MAHASISWA PENCINTA ALAM (KMPA) FAKTAPALA IAIN PURWOKERTO

EKO PRASETIA KUSUMA WARDANA, 1123103020 (2016) POLA PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN PADA KELOMPOK MAHASISWA PENCINTA ALAM (KMPA) FAKTAPALA IAIN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text
EKO PRASETIA KUSUMA WARDANA_POLA PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN PADA KELOMPOK MAHASISWA PENCINTA ALAM (KMPA) FAKTAPALA IAIN PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kepribadian merupakan sikap-sikap yang dimiliki oleh setiap individu. Dengan kepribadian individu yang satu dengan yang lainnya harus saling melengkapi.Apa yang di pelajari dan diajarkan pada seseorang akan sangat menentukan seperti apa dan bagaimana reaksi individu tersebut dengan stimulus yang di hadapinya. Sikap, prilaku, reaksi emosional, dan semacamnya merupakan atribut yang dipelajari dari lingkungan.Saling pengertian dan saling memahami keperluan-keperluan anggota lainnya itu menjadi syarat penting pula agar terdapat kerjasama yang produktif antara anggota kelompok itu.Hal itu dapat ia pelajari apabila ia memperhatikan benar benar proses interaksi yang berlangsung antar anggota kelompok, dan juga memperhatikan keinginan-keinginan dirinya sendiri dalam proses interaksi tersebut. KMPA “FAKTAPALA” adalah unitkegiatan mahasiswa yang ada di IAIN Purwokerto. Fungsinya sebagai wadah untuk berproses meningkatkan pendewasaan, pengetahuan, bakat dan minat serta olahraga alam bebas yang berwawasan tentang lingkungan hidup khususnya kecintaan terhadap alam yang dilandasi dengan tujuan dan tanggung jawab secara moral. Namun dalam mewujudkan tujuannya, mereka harus menyiapkan anggota-anggota agar memiliki kepribadian yang sehat dan sesuai dengan visi misi organisasi. Subjek penelitian ini adalah Kelompok Mahasiswa Pecinta Alam (KMPA) Faktapala IAIN Purwokerto. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian terhadap pengembangan kepribadian di Faktapala adalah interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola atau model dalam mengembangkan kepribadian adalah dengan cara pendidikan dan pelatihan baik fisik, mental ataupun doktrin kepada setiap anggotanya. Memberi kepercayaan dan peranan pada anggota serta penghargaan untuk dijadikan motivasi menjadi pribadi yang tangguh. Dengan demikian, setidaknya akan dijadikan rujukan oleh kelompok lain terutama dalam membentuk insan yang tangguh. Kata Kunci : Pengembangan, Kepribadian, KMPA Faktapala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:40
Last Modified: 14 Jun 2016 04:40
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/190

Actions (login required)

View Item View Item