PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA DI KELAS II SEMESTER II MI AL-MA’ARIF 01 KERTAYASA KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Siti Mariyatul Kiptiyah, 1123306184 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA DI KELAS II SEMESTER II MI AL-MA’ARIF 01 KERTAYASA KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SITI MARIYATUL KIPTIYAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA DI KELAS II SEMESTER II MI AL-MA’ARIF 01 KERTAYASA MANDIRAJA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pembelajaran matematika di kelas II semester II di MI Al-Ma’arif 01 Kertayasa Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara, pada materi perkalian bilangan, diperoleh data bahwa masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 65. Hal ini nampak dari 40 orang siswa baru 25 siswa saja yang telah tuntas (mendapatkan nilai di atas kriterian ketuntasan minimal) pada materi tersebut, dengan kata lain bahwa siswa yang tuntas baru 62,5% saja. Sedangkan siswa yang belum tuntas atau mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal adalah 15 siswa, atau 37,5% siswa yang belum tuntas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitiaan ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian bilangan melalui media kartu angka di kelas II semester II MI Al-Ma’arif 01 Kertayasa Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Penggunaan media kartu angka pada mata pelajaran matematika di kelas II MI Al-Ma’arif NU 01 Kertayasa Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian bilangan, hal ini ditunjukkan pada kondisi awal, siswa yang tuntas belajar sebanyak 25 siswa dari 40 siswa = 62,5%. Pada siklus I, siswa yang tuntas belajar sebanyak 33 siswa dari 40 siswa = 82,5%. Pada siklus II, siswa yang tuntas belajar sebanyak 40 siswa dari 40 siswa = 100%. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus perbaikan. Beda tiap siklusnya adalah pada siklus I siswa belum dibagi dalam kelompok untuk menggunakan media kartu angka. Sedangkan pada siklus II siswa telah dibagi dalam kelompok, masing-masing kelompok diberi tugas menyesaikan soal dengan menggunakan kartu angka. Hasil dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan rumusan hipotesis yang menyatakan “Jika menggunakan media kartu angka maka dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian bilangan di kelas II semester II MI Al-Ma’arif 01 Kertayasa Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2013/2014” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Matematika, Melalui Media Kartu Angka
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Dec 2016 03:41
Last Modified: 13 Dec 2016 03:41
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1896

Actions (login required)

View Item View Item