vi IMPLEMENTASI METODE INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI MA’ARIF NU KRAMAT KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ahmad Arifin Zain, 1123305014 (2015) vi IMPLEMENTASI METODE INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI MA’ARIF NU KRAMAT KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AHMAD ARIFIN ZAIN_IMPLEMENTASI METODE INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI MA’ARIF NU KRAMAT KARANGMONCOL PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pembelajaran IPA di MI Ma’arif NU Kramat Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. MI tersebut telah menerapkan metode inquiry dalam pembelajaran IPA. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana implementasi metode inquiry dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana implementasi metode inquiry pada pembelajaran IPA di Mi MA’arif NU Kramat Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode inquiry pada mata pelajaran IPA. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk dapat memberi masukan atau informasi (referensi) dan bahan pertimbangan dalam proses kegiatan belajar mengajar khususnya dalam Mata Pelajaran IPA untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan pada kondisi natural. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III-VI. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang penulis gunakan yaitu melalui tiga tahap yaitu pertama adalah reduksi data, penulis mengelompokkan data-data dalam penelitian dan membuang data-data yang tidak dibutuhkan. Langkah yang kedua adalah penyajian data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Metode inquiry yang dilaksanakan guru meliputi langkah-langkah (1) Orientasi, guru memberikan apersepsi dan motifasi serta menerangkan tujuan pembelajaran. (2) Merumuskan masalah, guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa (3) Merumuskan hipotesis, dari pertanyaan itulah maka terbentukl hipotesis atau jawaban sementara (4) Mengumpulkan data, menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari kemudian membagikan lembar kerja siswa kepada setiap kelompok dan membacakan langah-langkah kerja yang akan dilakukan ji hipotesis, (5) Menguji hipotesis, membimbing, mengamati siswa, mengarahkan siswa menuliskan hasil percobaan. (6) Merumuskan kesimpulan, siswa membacakan hasil diskusinya disertai guru memberikan penguatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Inquiry, Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 09 Dec 2016 09:10
Last Modified: 09 Dec 2016 09:10
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

View Item View Item