PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI CIPARI 02 TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SITI KUNTAPSIROH, 102334046 (2013) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI CIPARI 02 TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Siti Kuntapsiroh_PENERAPAN METODE DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang akan menghasilkan berbagai kecakapan, keterampilan dan sikap sehingga merupakan kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan manusia demi kelangsungan hidupnya. Karena pendidikan merupakan upaya untuk mengembangkan atau mengarahkan anak didik menjadi manusia masa depan yang ideal. Dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD NegeriCipari 02 sudah menggunakan kurikulum KTSP. Untuk memudahkan penyampaian materi pelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan berbagai macam metode pembelajaran disesuaikan materi yang akan disampaikan. Karena metode pembelajaran merupakan alat yang sangat penting untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan disamping untuk meningkatkan kemajuan belajardan kualitas siswa. Salah satu metode yang digunakan dalam penyampaian materi yang erat kaitannya dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi fiqh adalah menggunakan metode Demonstrasi. Karena metode demonstrasi adalah metode mengajar yang memperlihatkan bagaimana proses terjadinya sesuatu. Dalam proses pembelajaran penulis ingin mengetahui tentang bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Cipari 02. Dalam penulisan skripsi ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif disajikan dalam metode deskriptif analisis non angka. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam. Dari metode deskriptif yang dilakukan penulis di SD Negeri Cipari 02 maka dapat diambil kesimpulan bahwa metode yang biasa digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam materi fiqh adalah metode demonstrasi. Karena metode demonstrasi adalah metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi yang bersifat praktek seperti wudlu dan shalat. Metode demonstrasi sangat efektif karena siswa lebih mudah memahami pembelajaran dan akan lebih memperhatikan dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci: Penerapan, Metode, Pembelajaran, Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 14 Dec 2016 03:20
Last Modified: 14 Dec 2016 03:20
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item View Item