: Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menulis Dengan Huruf Tegak Bersambung Melalui Metode Drill pada Siswa Kelas I Semester II MI Ma’arif NU Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014

RUWIYATI, 1123306107 (2015) : Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menulis Dengan Huruf Tegak Bersambung Melalui Metode Drill pada Siswa Kelas I Semester II MI Ma’arif NU Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
RUWIYATI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA POKOK BAHASAN MENULIS DENGAN HURUF TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS I SEMESTER II MI MA’ARIF NU SIDABOWA PATIKRAJA BMS TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I , BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar menulis Bahasa Indonesia. Rendahnya nilai hasil belajar tersebut disebabkan karena guru belum menggunakan metode yang tepat dan media yang menarik, yaitu hanya menggunakan media papan tulis dan buku paket.. Penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, “Apakah penggunaan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan Menulis dengan Huruf Tegak Bersambung di Kelas I semester II MI Ma’arif NU Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2013/2014?”. Jenis penelitian ini adalah PTK murni, yaitu penulis meneliti kelasnya sendiri dengan dibantu oleh guru Mapel Agama sebagai observer. Sumber data dari penelitan ini adalah guru kelas I sebagai reflektor, guru Mapel Agama sebagai kolaborator dan siswa kelas I. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan test. Sedangkan metode analisis yang dipakai yaitu metode analisis deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan hasil belajar sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas dengan hasil belajar siswa setelah dilakukan penelitian tindakan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Hasil belajar dari 34 siswa pada kondisi awal rata-ratanya baru mencapai 67,4 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ KKM 16 siswa, dengan prosentase ketuntasan 47 % . Adapun KKM pada kompetensi dasar ini adalah 70. Setelah diadakan perbaikan dengan menggunakan metode drill hasil belajar menulis pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I nilai rata-ratanya menjadi 82,4 dengan prosentase ketuntasan 85 % (29 Siswa) dan prosentase nilai yang belum tuntas 15%. Pada siklus I telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa, namun belum mencapai indikator keberhasilan. Indikator keberhasilan PTK ini adalah ketuntasan hasil belajar siswa 88% (minimal 30 anak nilainya mencapai KKM).Sedangkan pada siklus II hasil belajar Bahasa Indonesia nilai rata-ratanya menjadi 92,5 dengan prosentase ketuntasan 88% (30 siswa) dan prosentase belum tuntas hanya 12%. Karena indikator keberhasilan telah tercapai, maka PTK berhenti pada siklus II. Terbuktilah penggunaan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pokok bahasan Menulis dengan Huruf Tegak Bersambung di kelas I MI Ma’arif NU Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar Menulis, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Metode drill
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Dec 2016 08:58
Last Modified: 08 Dec 2016 08:58
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1852

Actions (login required)

View Item View Item