MANAJEMEN KURUIKULUM DI PONDOK PESANTREN PEMBANGUNAN MIFTAHUL HUDA MAJENANG

Muntaha Mahfud, 102333087 (2015) MANAJEMEN KURUIKULUM DI PONDOK PESANTREN PEMBANGUNAN MIFTAHUL HUDA MAJENANG. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
MUNTAHA MAHFUD_MANAJEMEN KURIKULUM DI PONDOK PESANTREN PEMBANGUNAN MIFTAHUL HUDA MAJENANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini di latar belakangi keingintahuan penulis terhadap proses manajemen kurikulum di pondok pesantren Miftahul Huda Majenang. Pesantren adalah lembaga pendidikan non formal yang mempunyai tujuan sesuai dengan figure atau keinginan dari pengasuh, pesantren menyelenggarakan pendidikan ada sebelum pendidikan formal terbentuk dan Pesantren telah dapat mengelola pelaksana kanpendidikan melalui kurikulum Pesantren yang khas sebagai lembaga pendidikan non formal. Hal ini lah yang mendukung pesantren dalam memperoleh kepercayaan masyarakat Indonesia untuk mendidik anak-anaknya. Salah satu Pesantren yang sangat eksis di wilayah majenang adalah Pondok Pesantren Pembangunan Miftahul Huda Majengan Cilacap yang menfokuskan pendidikan pada bidang fiqhiyah dan nahwu. Meski demikian Pesantren ini tetap memberikan bidang keilmu dari berbagai cabang ilmu Islam. Santri di Pesantren ini kenbanyakan adalah pelajar dari, MTS, MAN dan STAIS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagai mana proses dari Manajemen Kurikulum Di Pondok Pesantren Pembangunan Miftahul Huda Majenang Cilacap. Di dalam Penulisan ini peneliti menggunakan penelitian lapangan (field research), adapun proses pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu pengasuh, pengurus pondok, dan santri. Dari analisis yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa: 1. Perencanaan kurikulum telah dilaksanakan dengan baik karena sudah memenuhi unsur-unsur dalam perencanaan. 2. Pengorganisasian kurikulum telah dilaksanakan denganbaik karena telah ditentukan jadwal kegiatan dan penanggungjawab dalam setiap matapelajaran. 3. Pelaksanaan kurikulum telah dilaksanakan dengan baik karena sudah sesuai dengan perencanaan dan dilaksanakan dengan metode dan media pembelajaran sesuai kebutuhan santri. 4. Pengawasan kurikulum dilaksanakan denganbaik karena evaluasidi laksanakan dua kali dalam dua semester/satu tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 07 Dec 2016 03:26
Last Modified: 07 Dec 2016 03:26
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1822

Actions (login required)

View Item View Item