KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF NU I DAWUHANWETAN, KEDUNGBANTENG, BANYUMAS

LAILI MA’RIFATUL AZIZAH, NIM. 1223302026 (2016) KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’ARIF NU I DAWUHANWETAN, KEDUNGBANTENG, BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
LAILI MA’RIFATUL AZIZAH_KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MA’AR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana keterampilan pengelolaan kelas dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Ma’arif NU I Dawuhanwetan yang meliputi keterampilan pengelolaan tata ruang kelas, pengelolaan waktu, pengelolaan materi dan pengelolaan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MI Ma’arif NU I Dawuhanwetan. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru bahasa Arab. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru mata pelajaran bahasa Arab MI Ma’arif NU I Dawuhanwetan memiliki keterampilan pengelolaan kelas sebagai berikut: Berkaitan dengan pengaturan tata ruang kelas seperti pengaturan ruang belajar, desain ruangan, pengaturan tempat duduk siswa, pengaturan alat-alat pengajaran, mengatur keindahan dan kebersihan, semuanya telah diatur oleh pihak sekolah. Terkait dengan pengelolaan alokasi waktu, guru menyesuaikan dengan kebutuhan dan materi pelajaran yang sudah tertuang dalam RPP. Dari kemampuan pengelolaan waktu pelaksanannya guru bahasa Arab sudah mencakup semuanya dari rincian penggunaan waktu. Dalam pengelolaan materi dilihat dari kompetensi pengelolaan materi dimana setiap guru telah membuat perencanaan yang berpedoman pada kurikulum yang ada untuk mengelola bahan materi yang akan disampaikan, sehingga materi pelajaran yang tersusun memudahkan penyampaian kepada siswa, dimengerti dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh siswa dengan baik, dan terkadang guru menggunakan variasi metode pembelajaran. Guru mampu mengelola siswa untuk terlibat aktif di kelas, bagaimana mengatur atau menangani perilaku siswa yang tidak diinginkan. Namun dalam pengelompokan siswa untuk membantu siswa dalam menyelesaikan kesulitan-kesulitan dan permasalahan dalam proses pembelajaran, guru masih kurang maksimal dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Bahasa Arab, Peserta Didik MI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 06 Dec 2016 02:30
Last Modified: 06 Dec 2016 02:30
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1804

Actions (login required)

View Item View Item