PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Depot Air Mineral Shofiro Bantarsoka, Purwokerto, Banyumas)

Erna Restu Hidayah, 1223203011 (2016) PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Depot Air Mineral Shofiro Bantarsoka, Purwokerto, Banyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ERNA RESTU HIDAYAH_PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dengan adanya pencantuman label halal konsumen muslim menjadi terlindungi. Pencantuman label halal sarana informasi dari produsen ke konsumen mengenai produk yang akan dijualnya. Sehingga konsumen benar-benar mengetahui bahan-bahan apa saja yang digunakan termasuk bahan tambahan yang tertera dikemasan. Pelabelan yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku akan membentuk terciptanya perdagangan yang jujur dan bertanggung jawab. Sehingga akan memudahkan dalam pengawasan keamanan pangan dan melindungi konsumen dari persepsi yang salah. Labelisasi halal merupakan syarat bagi produk yang telah sesuai Standar Negara Indonesia (SNI). Salah satunya adalah produk air mineral yang sudah dibubuhkan tanda label halal dari MUI. Label halal ini menjadi ciri khas tersendiri di daerah Pruwokerto. Karena masing jarang produk yang sudah berlabel halal. Produk ini adalah air mineral Shofiro. Selain sudah halal dari air minumnya sendiri, Shofiro jg sudah dibubuhkan label halal. Maka dari itu peneliti bertujuan untuk mengetahui pengaruh aadanya label halal terhadap keputusan pembelian air mineral Shofiro Purwokerto dengan data kuisioner. Populasi yang digunakan adalah konsumen depot air mineral Shofiro yang berjumlah 308, yang diambil sebagai sampel sebanyak 80 dengan rumus slovin. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif, serta analisis kuantitatif seperti uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear sederhana, uji t dan koefisien determinasi. Berdasarkan pengolahan data yang diperoleh dimana variabel labelisasi halal (X) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) yang bernilai 54,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dapat diambil kesimpulan bahwa labelisasi halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada depot air mineral Shofiro. Dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada labelisasi halal terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: Label Halal, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 05 Dec 2016 07:30
Last Modified: 05 Dec 2016 07:30
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1761

Actions (login required)

View Item View Item