PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN DI MI MA’ARIF NU SUNYALANGU KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Agus Hakim Assyafuq, 072333001 (2016) PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN DI MI MA’ARIF NU SUNYALANGU KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (891kB) | Preview
[img] Text
AGUS HAKIM ASSYAFUQ_PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN DI MI MA’ARIF NU SUNYALANGU KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dewasainipermasalahanmutupendidikanseringdipersoalkanberkaitandengantuntutanpeningkatanmutusumberdayamanusiautukpembangunanbangsaini.Banyak orang berpendapatbahwamutupendidikanmasihsangatjauhdari yang diharapkan. Guru merupakansumberdayamanusia yang sangatmenentukankeberhasilan program pendidikankarenakedekatanhubungannyadengananakdidikdalampelaksanaanpendidikan. Berdasarkanhalitumakaupayapeningkatanmutupendidikanharusmemperhatikanpeningkatanperformansi guru berkaitandenganpembelajaran yang dilakukansecaraterusmenerusdanberkelanjutan.Salah satunyaadalahmelaluikegiatansupervisipendidikan.Supervisipendidikandilakukanuntukmeningkatkankemampuan guru dalampembelajaransecaraumumbaik di kelasmaupun di luarkelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan supervisi kepala sekolah di MI Ma’arif NU Sunyalangu Kec.Karanglewas Kab.Banyumas. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subjek penelitian Kepala Sekolah dan Dewan Guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan metode analisis data kualitatif dimana analisis dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data dengan langkah-langkah menelaah seluruh data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. MI Ma’arif NU Sunyalangu adalah salah satu sekolah yang menerapkan supervisi pendidikan. Supervisi ini dilakukan oleh kepala sekolahdenganmelaluibeberapatahapansepertiperencanaan,menentukan orang yang akan di supervisidankemudianmenetapkanwaktupelaksanaansupervisi. SetelahmelaluibeberapatahapdalamPelaksanaanSupervisiPendidikan di MI Ma’arif NU Sunyalangu kemudiandapatdiketahuibahwasupervisi yang di lakukantermasuk supervisi klinis dimana kepala sekolah melakukan tahap perencanaan, pengamatan, dan diskusi lanjutan sedangkan teknik yang dipakai adalah perpaduan teknik individual dan kelompok, yaitu kepala sekolah melakukan kunjungan kelas serta mengirim guru-guru untuk mengikuti penataran. Kata Kunci :Pelaksanaan Supervisi Pendidikan,MI Ma’arif NU Sunyalangu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:14
Last Modified: 13 Jun 2016 07:14
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/176

Actions (login required)

View Item View Item