PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DI PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMK MA’ARIF NU BOBOTSARI SKRIPSI

KHANIFATUS SOLEKHAH, 1223301075 (2016) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DI PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMK MA’ARIF NU BOBOTSARI SKRIPSI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (392kB) | Preview
[img] Text
KHANIFATUS SOLEKHAH_PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DI PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya aktivitas belajar di pesantren yang dilakukan oleh siswa SMK Ma‟arif NU Bobotsari. Dikarenakan aktivitas belajar itu sangat menentukan bagaimana hasil prestasi belajar pendidikan agama Islam. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh aktivitas belajar di pesantren terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMK Ma‟arif NU Bobotsari. Hal tersebut nantinya akan berdampak juga bagi peningkatan hasil belajar sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar di Pesantren terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMK Ma‟arif NU Bobotsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan correlation kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK Ma‟arif NU Bobotsari yang tinggal di pesantren Ulul Albab, sedangkan yang menjadi obyek penelitian adalah aktivitas belajar di pesantren Ulul Albab yang diambil lewat nilai UAS siswa ketika kelas sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang positif dan signifikant aktivitas belajar di pesantren terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMK Ma‟arif NU Bobotsari. Di mana besarnya pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam sebesar 5,7%. Kata Kunci: Aktivitas Belajar di Pesantren, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, SMK Ma’arif NU Bobotsar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 30 Nov 2016 05:03
Last Modified: 30 Nov 2016 05:03
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1744

Actions (login required)

View Item View Item