IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS NEGERI MODEL PURWOKERTO

Hanif Tofiqurrohman, NIM: 1123302043 (2016) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS NEGERI MODEL PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
HANIF TOFIQURROHMAN_IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs NEGERI MODEL PURWOKERTO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsiinimengkajitentang implementasi/ penerapan media dalampembelajaran bahasa Arab di MTs N Model Purwokerto. Media tersebut adalah media audio,visual dan audiovisual yaitu media pembelajaran yang terdiri dari perangkat elektronik seperti komputer/ laptop, LCD/ proyektor, serta speaker yang dapat menghasilkan dua unsur suara dan gambar. Dengan alat-alat tersebut akan menghasilkan alat penyampai pembelajaran yang lengkap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, memahami, dan mendeskripsikan penerapan media pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Arab di Mts N msodel Purwoerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Cara yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data dalam skripsi ini diperoleh dari beberapa sumber seperti guru kelas, siswa kelas VII,VIII, dan IX MTs N Model Purwokerto secara langsung dengan pengamatan penulis. Adapun objek penelitian dalam skripsiini adalah implementasi/ penerapan media pembelajaran bahasa Arab di MTs N Model Purwokerto. Skripsi ini mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan dengan menerapkan media pembelajaran. Adapun proses pelaksanaan pembelajaran tersebut meliputi perencanaan atau persiapan, pelaksanaan sampai tahap penutup atau evaluasi. Berdasarkan data-data yang telah diperoleh, penerapan media pembelajaran bahasa Arab dilakukan dengan menyajikan mufradat/ kosakata melalui metode bernyanyi dengan menampilkan materi pembelajaran melalui slide/ power point dan menyajikan rekaman materi pembelajaran bahasa Arab. Dalam menerapkan media pembelajaran guru juga memperhatikan karakteristik/ tipe belajar masing-masing siswa yang terdiri dari tiga jenis yaitu tipe auditif, visual, dan kinestetik. Kata Kunci: Implementasi ,Media Pembelajaran,dan Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 13 Jun 2016 05:47
Last Modified: 13 Jun 2016 05:47
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item