PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH TINGGARJAYA KEC JATILAWANG BMS TH PEL 2012-2013

SAHIDIN, 092335098 (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH TINGGARJAYA KEC JATILAWANG BMS TH PEL 2012-2013. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SAHIDIN_PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH TINGGARJAYA KEC JATILAWANG BMS TH PEL 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan interaksi antara pengajar dengan satu atau lebih individu untuk belajar, direncanakan sebelumnya dalam rangka untuk menumbuhkembangkan pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman belajar kepada peserta didik. Peserta didik akan terdorong untuk terus belajar jika kegiatan pembelajaran diselenggarakan secara nyaman dan menyenangkan, sehingga peserta didik terlibat secara fisik dan psikis. Oleh karena itu, kegiatan guru mengajar harus merangsang kegiatan siswa melakukan berbagai kegiatan belajar, salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran adalah melalui Media kartu huruf. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara jawa pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Tinggarjaya melalui media kartu huruf. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan membaca dan menulis aksara jawa siswa kelas V pada setiap siklus mengalami peningkatan hasil. Dari observasi awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 53,75 dengan ketuntasan 28,57% atau hanya 8 siswa dari 28 siswa yang mencapai ketuntasan. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 67,25, siswa yang tuntas belajar menjadi 19 siswa. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai meningkat menjadi 71,03 dengan ketuntasan 85,71% atau 24 siswa dari 28 siswa telah mencapai ketuntasan. Dari hasil analisa tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara jawa pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Tinggarjaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca dan menulis Aksara Jawa, Media Kartu Huruf
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 25 Nov 2016 03:48
Last Modified: 25 Nov 2016 03:48
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1708

Actions (login required)

View Item View Item