Evektifitas Mediasi Perceraian di Luar Pengdilan (Studi Mediasi di Desa Pesahangan Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap)

AGUS SETIAWAN, NIM: 092321012 (2016) Evektifitas Mediasi Perceraian di Luar Pengdilan (Studi Mediasi di Desa Pesahangan Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
AGUS SETIAWAN_Evektifitas Mediasi Perceraian di Luar Pengdilan (Studi Mediasi di Desa Pesahangan Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap).pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penyelesaian sengketa alternatif atau Alternative Dispute Resolution (ADR), adalah suatu bentuk penyelesaian sengketa diluar pengadilan berdasarkan kata sepakat (konsensus) yang dilakukan oleh para pihak yang bersengketa baik tanpa ataupun bantuan pihak ketiga yang netral. Dijawa, konsep pembuatan keputusan dalam pertemuan Desa tidak didasarkan pada suara mayoritas, tetapi dibuat oleh keseluruhan yang hadir sebagai satu kesatuan. Mayoritas maupun minoritas dapat membatasi pendapat mereka, sehingga dapat saling sejalan. konsep ini dikenal sebagai musyawarah. Seperti yang terjadi di Desa Pesahangan kecamatan Cimanggu kabupaten Cilacap, banyak terjadi orang yang akan melangsungkan gugatan perceraian dengan berbagai macam alasannya, sebelum para pihak melangsungkan perceraian para pihak sering meminta pendapat kepada orang-orang yang dipercaya Selanjutnya penulis mengambil rumusan masalah dalam studi ini adalah untuk mengetahui bagaimana evektifitas mediasi perceraian diluar pengadilan di Desa Pesahangan Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan lokasi penelitian di Desa Pesahangan Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap. Yang bersifat perspektif emic. Model penyajian penelitian ini dilakukan dengan cara menggambarkan obyek yang diteliti secara apa adanya sebagaimana adanya yang terjadi di lapangan, yang dialami, dirasakan dan difikirkan oleh partisipan atau sumber data. Adapun langkah-langkah dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi dan wawancara kepada pihak-pihak yang terlibat dalam mediasi. Kesimpulan terakhir dari skripsi ini adalah bahwa praktek mediasi di luar pengadilan yang terjadi di Desa Pesahangan dari penelitian yang telah penulis lakuan dari 8 orang yang melakukan mediasi tersebut semuanya berhasil, dan mediator telah berhasil mendamaikan para pihak yang berselisih, sehingga dapat diambil kesimpulan praktek mediasi tersebut telah mencapai evektifitas. Kata kunci: Evektivitas Mediasi, Perceraian, Luar Pengadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 11 Jun 2016 07:26
Last Modified: 11 Jun 2016 07:26
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item