STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DI SMP N 1 KEMBARAN KEC KEMBARAN KAB BMS TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Nani Eryanti, 082331106 (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DI SMP N 1 KEMBARAN KEC KEMBARAN KAB BMS TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
NANI ERYANTI_STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DI SMP N 1 KEMBARAN KEC KEMBARAN KAB BMS TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah selama ini pembelajaran agama Islam yang diterapkan masih mempertahankan cara-cara tradisional seperti ceramah, menghafal dan demonstrasi praktik-praktik ibadah yang tampak kering, dan membuat peserta didik bosan, jenuh, dan kurang bersemangat dalam belajar agama. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang digunakan di SMP Negeri 1 Kembaran Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2012/ 2013. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research), di mana lokasi penelitian adalah SMP Negeri 1 Kembaran. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, sedangkan subjek penelitiannya adalah pendidik bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas VII yaitu Bapak Adnan Marfai, BA dan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Kembaran. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SMP Negeri 1 Kembaran memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam memahami materi pelajaran melalui strategi pembelajaran diantaranya: card sort (menyortir kartu), index card match (mencari jodoh kartu tanya jawab), modelling the way (demonstrasi kecakapan), jigsaw learning (belajar melalui tukar delegasi antar kelompok), small group discussion (diskusi kelompok kecil). Secara umum ada tiga pokok dalam pelaksanaan penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VII di SMP Negeri 1 Kembaran, yaitu tahap persiapan/ perencanaan, tahap pelaksanaan proses pembelajaran, serta tahap evaluasi dan tindak lanjut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Nov 2016 03:41
Last Modified: 22 Nov 2016 03:41
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1648

Actions (login required)

View Item View Item