PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH DINIYAH AL MA’ARIF NOTOG KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

TULUS YUNIANTO, 092338077 (2015) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH DINIYAH AL MA’ARIF NOTOG KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text
Tulus Yunianto_PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam merupakan salah satu mata pelajaran dibidang agama yang mengenalkan Sejarah-sejarah islam dari awal penyebaran islam pada zaman Nabi Muhammad Saw. Sampai zaman setelah Nabi sehingga materi-materi yang disajikan pun lebih banyak membahas tentang sejarah-sejarah Nabi dan para Sahabatnya serta letak geografis Jazirah Arab sebagai awal perkembangan islam. Penelitian tentang Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Diniyah Al Ma’arif Notog Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas, fokus penelitiannya adalah “Bagaimana Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah Al Ma’arif Notog ?” Penelitian di sini karena Madrasah Diniyah ini adalah salah satu Madrasah yang cukup berprestasi. Dalam Penelitian ini digunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif, dan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah : (1) Metode Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam, (2) Metode Wawancara dilakukan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam, (3) Metode Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang sejarah berdiri, struktur organisasi, keadaan siswa, guru, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Analisis yang digunakan adalah Analisis Kualitatif. Dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di madrasah diniyah kecamatan patikraja kabupaten banyumas sudah berjalan dengan baik. Media pembelajaran yang digunakan antara lain : Media Visual, Media Berbasis Manusia, Media Audio Visual, dan Media Berbasis Cetakan. Media Pembelajaran yang yang digunakan sudah sesuai dengan Materi. Guru juga menguasai tentang Media Pembelajaran yang dipilih dengan baik sehingga pelaksanaanya sesuai dengan yang diharapkan. Kata kunci : Media Pembelajaran, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 21 Nov 2016 00:49
Last Modified: 21 Nov 2016 00:49
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1614

Actions (login required)

View Item View Item