METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK YANURIS TONJONG BREBES TAHUN PELAJARAN 2014-2015

ELTI SUCIATI, 102331034 (2015) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK YANURIS TONJONG BREBES TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ELTI SUCIANI_METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK YANURIS TONJONG BREBES TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam pembelajaran adalah keterampilan dalam menggunakan metode pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran makin tepat metode pembelajaran yang digunakan maka kegiatan pembelajaran makin efektif dan efesien. Apalagi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang menyangkut nilai moral dalam diri peserta didik sangatlah penting guru dalam menggunakan metode yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran. Skripsi ini membahas metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK YANURIS Tonjong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan diantaranya metode wawancara yaitu untuk memperoleh penjelasan langsung yang dapat menggambarkan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dan peserta didik di kelas. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang keadaan sekolah yaitu dengan melihat dokumen yang ada di SMK YANURIS Tonjong Brebes. Berdasarkan hasil penelitian dapat diuraikan bahwa metode pembelajaran yang digunakan guru di SMK YANURIS Tonjong Brebes adalah: metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode drill/latihan, metode diskusi, metode kerja kelompok, metode resitasi dan metode tutor sebaya. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sudah menerapkan berbagai macam metode pembelajaran dalam proses belajar mengajar yang dilakukan. Penggunaan berbagai macam metode dalam proses pembelajaran yang dilakukan sudah sesuai, hal ini bisa dilihat dari antusiasme siswa, nilai siswa yang tinggi dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam serta pembelajaran yang menarik dan tidak monoton yang sudah dilakukan oleh pendidik dalam setiap pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, SMK YANURIS Tonjong Brebes.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:56
Last Modified: 17 Nov 2016 08:56
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item