METODE PENANAMAN NILAI – NILAI AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK - KANAK MASYITHOH 12 PLIKEN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

JAHROTUL FAZRIAH, NIM.1123308050 (2015) METODE PENANAMAN NILAI – NILAI AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK - KANAK MASYITHOH 12 PLIKEN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
JAHROTUL FAZRIAH_METODE PENANAMAN NILAI – NILAI AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK - KANAK MASYITHOH 12 PLIKEN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa di Taman Kanak-Kanak Masyithoh 12 Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas merupakan pendidikan non formal yang mendidik anak-anak usia dini dengan bermain sambil belajar nilai-nilai agama. Karena itu penanaman nilai-nilai agama Islam sangat penting untuk ditanamkan pada anak usia dini dengan metode yang fariatif, agar anak tertarik dengan pembelajaran. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi ini adalah bagaimana metode penanaman nilai-nilai agama Islam di TK Masyithoh 12 Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Matode analisis data yang digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif, yakni peneliti mengolah data yang sudah didapatkan kemudian disajikan guna memberi gambaran dan selanjutnya ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: metode penanaman nilai-nilai agama Islam di TK Masyithoh 12 Pliken dapat diterapkan dengan cara penggunaan metode bervariasi, adanya uswah yang baik dari pendidik dan adanya sarana dan prasarana yang memadai. Pelaksanaan metode penanaman nilai-nilai agama Islam di TK Masyithoh sudah berjalan dengan baik, karena yang diterapkan setiap hari adalah pembiasaan dan peneladanan. Pada dasarnya perbedaan latar belakang siswa, lingkungan yang tidak kondusif dan kurangnya perhatian orang tua mendorong siswa untuk meniru perilaku yang tidak baik. Sarana dan prasarana yang kurang memadai dan kurangnya kompetensi guru juga menjadikan kendala dalam metode penanaman nilai-nilai agama di TK Masyithoh 12 Pliken. Dalam mnghadapi kendala tersebut, para pendidik selalu menunjukkan sikap kasih sayang dan penuh perhatian dan kesabaran dalam membimbing siswanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Penanaman Agama dan Pendidikan Anak Usia Dini.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 16 Nov 2016 04:06
Last Modified: 16 Nov 2016 04:06
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1578

Actions (login required)

View Item View Item