METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ANNIDA SOKARAJA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Lu’ lu Anisa, NIM. 082332041 (2013) METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ANNIDA SOKARAJA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
Lu’ lu Anisa_METODE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ANNIDA SOKARAJA TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Metode merupakan suatu cara yang harus dilalui untuk menyajikan bahan ajar agar tercapai tujuan pembelajaran. Penerapan metode yang tepat sangat mempengaruhi pencapaian keberhasilan dalam proses pembelajaran. Begitu pula dalam pembelajaran bahasa Arab, dalam pemilihan metodenya harus didasarkan pada tujuan yang ingin dicapai. Hal ini dikarenakan tujuan yang ingin dicapai menentukan dalam pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Annida Sokaraja. Jenis penelitian ini adalah field research yang bersifat deskriptif kualitatif, Lokasi penelitian yang dilakukan di SDIT Annida Sokaraja. Subjek penelitian adalah Kepala SDIT Annida dan guru pengampu pelajaran bahasa Arab. Sedangkan objek penelitian metode pembelajaran bahasa Arab di SDIT Annida Sokaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan penulis yaitu metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah metode ceramah, metode bernyanyi, ,metode mim-mem (meniru-menghafalkan), metode demonstrasi, metode tanya-jawab, metode proyek, dan metode percakapan/muhadtsah. Pada prakteknya, pelaksanaan metode pembelajaran bahasa Arab di SDIT Annida tidak digunakan sendiri-sendiri, melainkan dikombinasikan dengan metode lain yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan pemahaman siswa. Pelaksanaan metode pembelajaran bahasa Arab di SDIT Annida Sokaraja sesuai dengan karakteristik siswa dan disesuaikan dengan materi serta tujuan yang akan dicapai. Hal ini dilakukan agar proses pembelajaran bahasa Arab dapat berlangsung secara teratur dan sesuai dengan tujuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Bahasa Arab.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 16 Nov 2016 02:51
Last Modified: 16 Nov 2016 02:51
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1571

Actions (login required)

View Item View Item