Pendidikan Karakter Dalam Cerita Anak “Tujuh Kebaikan Dido Lebah di Negeri Kesedihan” Karya Heru Kurniawan dan Mulasih Tary

Prismia Dewi, NIM. 092331112 (2015) Pendidikan Karakter Dalam Cerita Anak “Tujuh Kebaikan Dido Lebah di Negeri Kesedihan” Karya Heru Kurniawan dan Mulasih Tary. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
PRISMIA DEWI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA ANAK TUJUH KEBAIKAN DIDO LEBAH DI NEGERI KESEDIHAN KARYA HERU KURNIAWAN DAN MULASIH TARY.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan tempat yang tepat untuk melakukan perubahan ideologi, yaitu dalam rangka membangun karakter masyarakat Indonesia. Pendidikan karakter sangat diperlukan dalam upaya menahan kemerosotan generasi bangsa saat ini. Pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai karakter pada seseorang sehingga dia memiliki karakter sebagai karakter dirinya, serta menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan dirinya. Salah satu media yang dapat digunakan adalah melalui sastra dalam bentuk cerita anak. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah untuk menemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam cerita anak Tujuh Kebaikan Dido Lebah Di Negeri Kesedihan karya Heru Kurniawan dan Mulasih Tary Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Research) penelitin ini digolongkan ke dalam kualitatif deskriptif. Adapun metode pengambilan data yang penulis gunakan adalah metode dokumentasi dan wawancara, Sedangkan analisis data menggunakan analisi isi (Content Analisys) Hasil penelitian ini menemukan bahwa, nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam cerita anak Tujuh Kebaikan Dido Lebah Di Negeri Kesedihan karya Heru Kurniawan dan Mulasih Tary adalah merujuk kepada sembilan pilar karakter yang dikeluarkan oleh Indonesia Heritage Foundation. Yang apabila dijabarkan menjadi dua puluh satu nilai karakter. adapun nilai pendidikan karakter yang ditemukan sebagai berikut: cinta kepada Tuhan semesta beserta isinya, tanggung jawab, mandiri, jujur, santun, kasih sayang, peduli, kerjasama, percaya diri, kreatif, kerja keras, pantang menyerah, keadilan, rendah hati dan cinta damai. Sedangkan nilai pendidikan karakter yang tidak ditemukan dalam cerita anak Tujuh Kebaikan Dido Lebah Di Negeri Kesedihan karya Heru Kurniawan dan Mulasih Tary sebagai berikut: nilai pendidikan karakter disiplin, hormat, kepemimpinan, baik, toleransi dan persatuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Cerita Anak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 08 Nov 2016 06:50
Last Modified: 08 Nov 2016 06:50
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1511

Actions (login required)

View Item View Item