PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU 02 PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Yuli Rokhmatun, 102336061 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF NU 02 PURBASARI KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text
Yuli Rokhmatun_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Ada kecenderungan dalam dunia pendidikan dewasa ini untuk kembali pada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami sendiri apa yang dipelajarinya, bukan mengetahuinya. Pembelajaran yang berorientasi target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetisi mengingat jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persolan dalam kehidupan jangka panjang. Terkait dengan itu penelitian ini menekankan pembelajaran matematika dengan metode demonstrasi yang mana materi matematika adalah materi yang membahas tentang hal-hal yang kongkrit dan hasil pengetahuannya dialami dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini berdasarkan rumusan masalah: Apakah metode demonstrasi pada pembelajaran matematika pokok bahasan bangun datar kelas V di MI Ma’arif NU 02 Purbasari Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015 dapat meningkatkan hasil belajar siswa?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan bangun datar kelas V di MI Ma’arif NU 02 Purbasari Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015 setelah menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V (lima) data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I mencapai ketuntasan hasil belajar sebesar 44,81%, dan siklus II mencapai ketuntasan hasil belajar sebesar 74,04%. Simpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif NU 02 Purbasari, Kecamatan Karangjambu, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata Kunci: Hasil Belajar, Bangun Datar, Metode Demonstrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 09 Nov 2016 00:51
Last Modified: 09 Nov 2016 00:51
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item View Item