EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI MI MA’ARIF NU 1 LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

RIZKI AULIA RACHMAH, 1123305111 (2015) EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI MI MA’ARIF NU 1 LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (828kB) | Preview
[img] Text
Rizki Aulia R_EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPADI MI MA’ARIF NU 01 LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi Team Quiz (Kuis Kelompok) adalah strategi yang bermaksud untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar. Dalam tipe ini siswa dibentuk dalam kelompok-kelompok kecil dengan masing-masing anggota kelompok mempunyai tanggung jawab yang sama atas keberhasilan kelompoknya dalam memahami materi dan menjawab soal. Yang diawali guru menerangkan secara klasikal, lalu siswa dibagi kedalam tiga kelompok besar. Semua anggota kelompok bersama-sama mempelajari materi tersebut, saling memberi arahan, saling memberikan pertanyaan dan jawaban untuk memahami mata pelajaran tersebut. Setelah selesai materi maka diadakan suatu pertandingan akademis. Persoalalan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah ada efektifitas strategi pembelajaran team quiz terhadap hasil belajar IPA siswa di MI Ma’arif NU 01 Langgongsari ? Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh, yaitu siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan mengunakan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara tidak terstruktur. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen quasi experimental design bentuk non equivalent control group design. Analisis data menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji one way ANOVA untuk uji homogenitas dan uji independent sample t-test untuk uji hipotesis karena sampel berdistribusi normal dan homogen. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 14. Berdasarkan uji independent sample t-test menggunakan SPSS versi 14 nilai t hitung ≥ t table yaitu 3,275> 2,000 serta nilai signifikan yang kurang dari 0,05 yaitu 0,010. Hasil tersebut membuktikan adanya perbedaan yang signifikan dan pembelajaran yang lebih efektif antara pembelajaran yang menerapkan strategi team quiz dibandingkan dengan yang pembelajaran yang menerapkan strategi konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi team quiz terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dibandingkan dengan penerapan strategi konvensional pada pembelajaran IPA materi Struktur Bumi dan Matahari di kelas V MI. Kata Kunci: Hasil belajar, IPA, Strategi pembelajaran kooperatif tipe team quiz

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 04 Nov 2016 03:00
Last Modified: 04 Nov 2016 03:00
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1459

Actions (login required)

View Item View Item