PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU 03 KARANGSEMBUNG, NUSAWUNGU,CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sukirman, 1123306190 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PENGGOLONGAN HEWAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF NU 03 KARANGSEMBUNG, NUSAWUNGU,CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SUKIRMAN_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fungsi sekolah adalah menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar. Dengan proses pembelajaran diharapkan siswa mengalami perubahan tingkah laku dan bertambah pengetahuan. Peningkatan hasil belajar merupakan usaha menuju kearah yang lebih baik, hasil belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan penggolongan hewan pada kelas III MI Ma‟arif NU 03 karangsembung masih banyak siswa yang belum memenuhi target guru. Dalam penelitian guru menggunakan media gambar, yaitu dengan cara menyajikan beberapa gambar-gambar hewan untuk memudahkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Peneliti dengan menggunakan media gambar ini ternyata dapat memberi semangat dan siswa merasa lebih teragsang untuk belajar, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh peneliti. Dari hasil perhitungan nilai rat-rata tes formatif pada pra siklus diperoleh nilai rata-rata 61,42 dengan prosentase siswa yang tuntas KKM (65) adalah 37,71% atau hanya 5 siswa yang tuntas.Kemudian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,28 tingkat ketuntasan mencapai 64,2% atau 9 siswa yang tuntas dan pada siklus II nilai rata-rata 74,57 tingkat ketuntasan mencapai 78,57% atau 11 siswa yang tuntas. Hasil nilai tes formatif menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah pembelajaran pada siklus I dan siklus II dengan menggunakan media gambar.Artinya pada siklu II peningkatan ketuntasan siswa sudah sesuai dengan harapan peneliti yaitu 75% dari 14 siswa tuntas belajarnya atau memenuhi kriteria ketuntasan minimal( KKM ) yaitu 65 dan penelitian ini berakhir pada sklus II. Jadi penelitian Tindakan Kelas pada Mata Pelajaran IPA dengan menggunakan Media Gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa berhasil. Kata kunci : Media Gambar,Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 07 Nov 2016 01:20
Last Modified: 07 Nov 2016 01:20
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1457

Actions (login required)

View Item View Item