METODE DAKWAH PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH DESA KUTASARI KECAMATAN BATURADEN

Asep Saeful Millah, NIM :082311003 (2016) METODE DAKWAH PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH DESA KUTASARI KECAMATAN BATURADEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ABSTARK.docx

Download (20kB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ASEP SAEFUL MILLAH_METODE DAKWAH PESANTREN MAHASISWA AN NAJAH DESA KUTASARI KECAMATAN BATURRADEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini adalah sebuah kajian tentang metode dakwah pesantren mahasiswa An Najah. Pesantren Mahasiswa An Najah merupakan pesantren yang bermanhaj modern. Artinya didalam mengembangkan ajaran Islam tidak hanya berpedoman pada kitab atau buku-buku yang sudah ada, tapi para santri di tuntut untuk berprilaku profetik yaitu jujur, amanah, komunikatif dan cerdas. Mentradisikan berfikir dan bersikap rasional, ilmiah, dan gemar meneliti, life skill untuk memperkuat peran sebagai hamba Allah dan pemakmur bumi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang digunakan Pesantren Mahasiswa An Najah dalam berdakwah. Dalam penelitian ini, untuk mengetahui metode dakwah yang digunakan Pesantren Mahasiswa An Najah menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Semua data diambil dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menganalisanya Hasil dari analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa Pesantren Mahasiswa An Najah dalam menjalankan dakwahnya kepada santri dan masyarakat menggunakan metode-metode yang dapat diklasifikasikan menjadi dua ciri. Pertama internal dan kedua eksternal. Metode dakwah untuk kalangan internal yaitu metode atau pendidikan dakwah yang dilaksanakan khusus untuk santri diPesantren Mahasiswa An Najah. Yaitu metode Dakwah kitabiyah (tulisan), metode Khithabahan,latihan pidato atau retorika, metode karya wisata (rihlah ilmiah). Untuk kalangan eksternal yaitu metode-metode yang dilakukan diluar pesantren, metode yang digunakan adalah metode ceramah, metode diskusi dan metode keteladanan. Kata-Kata Kunci: Metode, dakwah, Pesantren Mahasiswa An Najah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 09 Jun 2016 06:19
Last Modified: 09 Jun 2016 06:19
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item View Item