IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Syaefudin, Purwanto (2022) IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SYAEFUDIN PURWANTO_Implementasi SIstem Penjaminan Mutu Internal di MI Istiqomah Sambas Purbalingga.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Lembaga pendidikan dapat menjadi lembaga pendidikan yang bermutu apabila memiliki budaya mutu. Salah satu upaya membangun budaya mutu lembaga pendidikan adalah dengan mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). SPMI adalah sistem penjaminan mutu yang dijalankan oleh satuan pendidikan dengan melibatkan seluruh komponen yang ada dan memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki. Fokus penelitian ini adalah Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) di MI Istiqomah Sambas Purbalingga, dan bagaimana dampaknya terhadap layanan pendidikan di madrasah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) beserta dampaknya dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik keajegan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat, dan pengecekan anggota. Hasil penelitian adalah bahwa SPMI di MI Istiqomah Sambas Purbalingga terimplementasi dalam lima aspek, yang meliputi 1) Aspek Input, indikator dalam instrumen pemetaan mutu yang dikembangkan oleh madrasah adalah indikator mutu 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP), 2) Aspek Proses, sasaran dalam rencana pemenuhan mutu telah menunjukkan progresifitas untuk peningkatan mutu madrasah, 3) Aspek Output, terpenuhinya 8 SNP yaitu Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pembiayaan, Standar Pengelolaan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian, 4) Aspek Outcome, implementasi SPMI terbukti dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan, 5) Aspek Impact, dampak implementasi SPMI adalah terbangunnya budaya mutu madrasah untuk melaksanakan peningkatan mutu secara berkelanjutan. Kata kunci : Implementasi, Sistem Penjaminan Mutu Internal, MI Istiqomah Sambas Purbalingga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Sistem Penjaminan Mutu Internal, MI Istiqomah Sambas Purbalingga
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: SYAEFUDIN PURWANTO sdr
Date Deposited: 23 May 2022 01:16
Last Modified: 23 May 2022 01:16
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/13650

Actions (login required)

View Item View Item