PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN MATEMATIKAMATERI BILANGAN PECAHAN SENILAI MELALUI METODE MAKE A MATCH KELAS IV MI MA’ARIF NU PESUNGGINGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Saliman, 102336068 (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN MATEMATIKAMATERI BILANGAN PECAHAN SENILAI MELALUI METODE MAKE A MATCH KELAS IV MI MA’ARIF NU PESUNGGINGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
SALIMAN_PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah karena rendahnya hasil belajar mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV MI Ma'arif NU Pesunggingan, rendahnya hasil belajar siswa kelas IV dikarenakan kurangnya minat belajar siswa dan variasi dalam penggunaan metode pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma'arif NU Pesunggingan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 siswa. Jenis penelitianini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunkan adalah metode observasi, tes dan dokumentasi. PTK ini terdiri dari dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap kali pertemuan terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penggunaan metodemake a matchdapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terlihat dengan naiknya hasil belajar siswa kelas IV MI Ma'arif NU Pesunggingan pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi bilangan pecahan senilai. Pada saat pra siklus dari 20 siswa kelas IV MI Ma'arif NU Pesunggingan.hanya 8 siswa yang tuntas KKM atau sebanyak (40%). Sisanya 12 siswa masih berada dibawah KKM atau (60%) dengan nilai rata-rata kelas 53.70. Pada siklus I ketuntasan siswa naik menjadi 13 siswa mendapatkan nilai baik yaitu berada diatas KKM (65%), sebanyak 7 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM (35%). Dengan nilai rata-rata kelas 61.75. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa naik dari 20 siswa sebanyak 17 siswa mendapat nilai baik atau diatas KKM (85%), dan hanya 3 siswa yang berada dibawah KKM (15%) dengan nilai rata- rata kelas 69.75. Sesuai dengan indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu apabila rata-rata kelas telah mencapai nilai minimal 60 dan nilai tersebut telah dicapai oleh sekurang-kurangnya 80% dari jumlah siswa, maka tindakan ini dinyatakan berhasil. Karena pada siklus II nilai rata-rata kelas telah mencapai 69.75 dan ketuntasan siswa telah mencapai 85% maka penelitian ini telah berhasil. Kata kunci: Mata Pelajaran Matematika, Metode Make A Match, Prestasi Belajar Siswa Kelas IV MI Ma'arif NU Pesunggingan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 18 Oct 2016 01:06
Last Modified: 18 Oct 2016 01:06
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1359

Actions (login required)

View Item View Item