PENERAPAN METODE BERMAIN, CERITA, DAN MENYANYI DALAM PEMBELAJARAN SENTRA NILAI AGAMA DAN MORAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI CITA ISLAM KARANGJATI TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Khusnul Khotimah, 102334073 (2013) PENERAPAN METODE BERMAIN, CERITA, DAN MENYANYI DALAM PEMBELAJARAN SENTRA NILAI AGAMA DAN MORAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI CITA ISLAM KARANGJATI TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (975kB) | Preview
[img] Text
Khusnul Khotimah_PENERAPAN METODE BERMAIN, CERITA, DAN MENYANYI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sebagai seorang guru perlu meningkatkan mutu pembelajaranya, dimulai dari rancangan pembelajaran yang baik dengan memperhatikan tujuan, karakteristik siswa, materi yang diajarkan, dan sumber belajar yang tersedia. Kenyataanya masih banyak proses pembelajaran yang kurang berkualitas, tidak efisien dan kurang mempunyai daya tarik, bahkan cenderung membosankan, sehingga siswa kurang berminat untuk mengikuti pelajaran sentra nilai agama dan moral dan dalam penyampaianya pun tidak dipahami oleh siswa . Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis datanya disajikan dalam bentuk analisis kualitatif. Artinya analisis datanya adalah non statistik dengan cara berfikir induktif. Variabel dalam penelitian ini adalah penerapan metode bermain, cerita, dan menyanyi dan pembelajaran sentra nilai agama dan moral. Penerapan metode bermain, cerita, dan menyanyi disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan, dan disesuaikan dengan perkembangan juga karakteristik anak yang pada umumnya dimilki oleh anak usia dini sehingga anak tersebut merasa nyaman, senang mengikuti pelajaran dan proses pembelajaranya pun dapat berjalan optimal. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode bermain, cerita, dan menyanyi pada PAUD Cita Islam Karangjati sudah berhasil, hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang lebih cepat memahami materi yang disampaikan oleh guru serta menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan. Hal ini tidak lepas dari adanya sarana dan prasarana yang memadai yang dimiliki PAUD Cita Islam Karangjati sebagai penunjang dengan penerapan metode berain, cerita, dan menyanyi Kata kunci: Penerapan metode bermain, cerita, dan menyanyi dan pembelajaran nilai agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 10 Oct 2016 00:58
Last Modified: 10 Oct 2016 00:58
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1322

Actions (login required)

View Item View Item