HUBUNGAN PROGRAM SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN KUALITAS KINERJA TENAGA PENDIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA

Adi, Setiawan (2022) HUBUNGAN PROGRAM SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN KUALITAS KINERJA TENAGA PENDIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN KH. Prof. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ADI SETIAWAN_HUBUNGAN PROGRAM SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DENGAN KUALITAS KINERJA TENAGA PENDIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (534kB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam hierarki manajemen pendidikan di suatu lembaga pendidikan tentunya sangat berperan dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik sehingga mutu pendidikan di lembaga tersebut dapat meningkat. Salah satu fungsi manajerial kepala sekolah dalam manajemen pendidikan adalah sebagai supervisor. Berkaitan dengan fungsi tersebut, sudah menjadi tugas pokok bagi kepala sekolah untuk membuat dan menjalankan sebuahprogram supervisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan program supervisi kepala sekolah dengan kualitas kinerja tenaga pendidik di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga serta seberapa besar pengaruh yang diberikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian adalah tenaga pendidik di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga sejumlah 56 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Skala Likert untuk tenaga pendidik dengan empat alternatif jawaban. Metode analisis yang dipakai adalah analisis regresi linear sederhana dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji linearitas, dan uji heteroskedastisitas. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program supervisi kepala sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga masuk pada kategori sangat optimal dengan rincian sebanyak 68% tenaga pendidik menyatakan bahwa program supervisi sangat optimal. (2) Tenaga pendidik SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga yang masuk pada kategori dengan kualitas kinerja sangat berkualitas sebanyak 59%. (3) Terdapat hubungan antara program supervisi kepala sekolah dengan kuaitas kinerja tenaga pendidik di SMK Muhammadiyah 1 Purbalingga yang ditunjukkan dengan nilai sig. < 0,05, dengan persamaan regresi Y = 40,032 + 0,670X dan koefisien determinasi sebesar 0,507 atau pegaruhnya sebesar 50,7%. Kata Kunci: Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik, Supervisi, Kinerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Tenaga Pendidik, Supervisi, Kinerja
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Adi Setiawan
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:48
Last Modified: 24 Feb 2022 03:48
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/13191

Actions (login required)

View Item View Item