PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SUBTOPIK SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V MI AL MA’ARIF KEBAKALAN MANDIRAJA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 MELALUI METODE DEMONSTRASI

Mulastuti, 082336032 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SUBTOPIK SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V MI AL MA’ARIF KEBAKALAN MANDIRAJA BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 MELALUI METODE DEMONSTRASI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (761kB) | Preview
[img] Text
Mulastuti_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SUBTOPIK SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V MI AL MA’ARIF KEBAKALAN MANDIRAJA BANJARNEGARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Interaksi belajar mengajar yang dilakukan oleh siswa sebagai pelajar dengan guru sebagai pembelajar dapat menimbulkan masalah-masalah belajar. Pada pembelajaran IPA di MI Al Ma’arif Kebakalan, masalah pembelajaran terlihat dari prestasi belajar siswa yang kurang memuaskan dari tahun 2007/2008 hingga 2010/2011. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA dengan materi Sifat-Sifat Cahaya pada siswa kelas V MI Al Ma’arif Kebakalan Mandiraja Banjarnegara Tahun Pelajaran 2010/2011 ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V pada materi Sifat-Sifat Cahaya melalui penerapan metode demonstrasi di MI Al Ma’arif Kebakalan Mandiraja Banjarnegara Tahun Pelajaran 2010/2011. Hasil belajar merupakan tujuan belajar. Tujuan belajar adalah suatu deskripsi mengenai tingkah laku yang diharapkan tercapai oleh siswa setelah berlangsungnya proses belajar. Tujuan belajar merupakan cara yang akurat untuk menentukan hasil pembelajaran. Pada pelajaran IPA, metode demonstrasi digunakan antara lain saat pembuktian teori yaitu teori pembiasan cahaya. Dalam hal ini, guru maupun siswa memperagakan atau menunjukkan proses kerja suatu alat untuk membuktikan adanya pembiasan cahaya baik yang terjadi pada cermin maupun air. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al Ma’arif Kebakalan yang berjumlah 12 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA dengan materi Sifat-Sifat Cahaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata evaluasi 71,67 dengan persentase ketuntasan belajar 83,33%.Keaktifan siswa juga mengalami peningkatan dari kategori cukup dengan skor rata-rata 2,42 pada siklus I menjadi kategori baik dengan skor rata-rata 3,12 pada akhir pembelajaran siklus II. Kata Kunci: Hasil belajar, metode demonstrasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 07 Oct 2016 01:20
Last Modified: 07 Oct 2016 01:20
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1305

Actions (login required)

View Item View Item