PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR KABUPATEN BANYUMAS

IMROATIN MA’RIFAH, NIM. 1223305048 (2016) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
IMROATIN MA'RIFAH_PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJRAN BAHSA INDONESIA DI MI DIPONEGORO 1 PU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dapat menjadikan kegiatan belajar mengajar lebih efektif. Media pembelajaran dapat membantu guru dalam menyampaikan pesan pembelajaran serta lebih cepat dan lebih mudah ditangkap oleh siswa. Bahasa Indonesia sendiri merupakan salah satu mata pelajaran di MI yang sangat penting dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi dengan baik, baik secara lisan maupun tulisan. Pembelajaran bahasa Indonesia seringkali membuat siswa merasa bosan jika pembelajaran berlangsung monoton dan guru hanya menggunakan metode ceramah saja. MI Diponegoro 1 Purwokerto lor khususnya kelas II A menggunakan media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (Field research) yaitu suatu studi empiris dengan cara terjun langsung dilokasi penelitian terhadap fenomena fenomena yang terjadi. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif -kualitatif. Subjek penelitan ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia, Siswa kelas II A, kepala sekolah dan bagian TU. Sedangkan objek penelitian ini adalah media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data datanya, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data dengan cara memilih data yang dianggap penting dan membuang data yang dianggap tidak penting. Kemudian penyajian data, dengan menyajikan semua data. selanjutnya penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas II A di MI Diponegoro 1 Purwokerto lor dilakukan dengan menggunakan media gambar. Penggunaan media gambar dilakukan dengan beberapa langkah-langkah agar media tersebut berfungsi sebagaimana mestinya dan tujuan pembelajaran tercapai. Langkah-langkah penggunaan media gambar pada pembelajaran bahasa Indonesia adalah: Perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan evaluasi . Tahap perencanaan dilakukan dengan menyususn silabus dan RPP, yang kemudian di tentukan penggunaan medianya. Kemudian tahap pelaksanaan dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung dan media gambar digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Selanjutnya tahap Evaluasi dilakukan dengan pemberian soal kepada siswa untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa terhadap materi yang sudah diajarkan sekaligus mengetahui efektifnya penggunaan media gambar. Kata Kunci : Media Gambar, Bahasa Indonesia, MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 03 Oct 2016 04:11
Last Modified: 03 Oct 2016 04:11
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1304

Actions (login required)

View Item View Item