PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI ALAT PERAGA BALOK GARIS BILANGAN KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 03 PINGIT KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NANIK NURHIDAYAH, NIM. 102335093 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI ALAT PERAGA BALOK GARIS BILANGAN KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 03 PINGIT KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NANIK NURHIDAYAH_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI ALAT PERAGA BALOK GARIS BILANGAN KELAS IV MI MUHAMMADIYAH 03 PINGIT KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (867kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting dan menyenangkan, karena dapat mengajarkan kita untuk selalu berfikir logis. Namun, banyak peserta didik yang tidak menyukai matematika dikarenakan matematika itu sulit dan memusingkan, yang berimbas pada hasil belajar yang rendah termasuk sub pokok bahasan operasi hitung campuran. Dan salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya operasi hitung campuran yaitu penggunaan alat peraga balok garis bilangan. Dimana alat peraga adalah bendabenda konkrit atau riil, yang dapat memperjelas konsep matematika. Alat peraga balok garis bilangan merupakan bentuk riil atau konkrit yang berbentuk balok, sehingga siswa dapat memanfaatkan langsung alat peraga dan dapat membuat pembelajaran tidak monoton. Persoalan yang akan dijawab pada penelitian ini adalah Apakah penggunaan alat peraga balok garis bilangan dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika sub pokok bahasan operasi hitung campuran di kelas IV MI Muhammadiyah 03 pingit? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif yaitu, bekerjasama dengan guru kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Dari metode statistik deskriptif yang dilakukan pada pra siklus, diperoleh hasil tes, yaitu rata-rata kelas 68 dengan prosentase ketuntasan 40 %. Hasil tes siklus I menunjukkan nilai rata-rata kelas naik menjadi 72,85 dengan prosentase ketuntasan 57,14 %. Dan pada siklus II meningkat lagi dengan rata-rata kelas 82,5 dengan prosentase ketuntasan 87,5%. Dari data tersebut dapat ditarik kesimpuan bahwa penggunaan alat peraga balok garis bilangan dapat meningkatkan hasi belajar matematika kelas IV pada materi operasi hitung campuran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Alat Peraga Balok Garis Bilangan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 03 Oct 2016 03:25
Last Modified: 03 Oct 2016 03:25
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1295

Actions (login required)

View Item View Item