TANGGAPAN IBU-IBU JAMA’AH TERHADAP PENYELENGGARAAN PENGAJIAN DI MAJELIS TA’LIM ALIF BA’ TA’ ZID KEBANARAN MANDIRAJA BANJARNEGARA

Siti Purwati, 082334244 (2011) TANGGAPAN IBU-IBU JAMA’AH TERHADAP PENYELENGGARAAN PENGAJIAN DI MAJELIS TA’LIM ALIF BA’ TA’ ZID KEBANARAN MANDIRAJA BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Siti Purwati_TANGGAPAN IBU-IBU JAMA’AH TERHADAP PENYELENGGARAAN PENGAJIAN DI MAJELIS TA’LIM ALIF BA’ TA’ ZID.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Majelis ta’lim merupakan salah satu lembaga nonformal yang berperan penting dalam pembentukan akhlak manusia. Keberadaan majelis ta’lim telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hampir disetiap kelompok masyarakat terdapat lembanga ini. Pelaksanaan pendidikan yang fleksibel dan tidak mengganggu aktivitas lain menjadikan majelis ta’lim menjadi salah satu pusat pendidikan keagamaan bagi masyarakat kita. Program-program yang lebih tertencana dan aktual sesuai dengan kebutuhan masyarakat menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi kalangan umat Islam untuk memanfaatkan keberadaan majelis ta’lim. Bagaimana tanggapan ibu-ibu jama’ah Majelis Ta’lim Alif Ba’ Ta’ Zid Kebanaran, Mandiraja, Banjarnegara terhadap penyelenggaraan pengajian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan ibu-ibu jama’ah Majlis Ta’lim Alif Ba’ Ta’ Zid terhadap penyelenggaraan pengajian Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi yang disampaikan sesuai dengan kemampuan ibu dan disampaikan secara berurutan serta dikaitkan dengan permasalahan yang sedang terjadi (up to date). Alokasi waktu pengajian dinilai cukup dan ibu-ibu jama’ah menanggapi bahwa waktu pengajian tidak mengganggu aktivitas ibu-ibu jama’ah karena dilakukan pada sore hari setelah ibu-ibu melakukan aktivitasnya. Metode yang digunakan ustadz yang bervariatif sehingga menyebabkan ibu-ibu jama’ah tertarik dengan kegiatan pengajian. Selain itu, kegiatan pengajian tidak hanya dilakukan satu arah, artinya hanya ustadz saja yang aktif, tetapi ustadz juga mengajak para jama’ah untuk terlibat dalam kegiatan pengajian dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertanya dan menjawab pertanyaan. Tanggapan dari masyarakat khususnya kaum ibu terhadap pelaksanaan pengajian di Majelis ta’lim Alif Ba’ Ta’ Zid sangat positif pada masyarakat di Desa Kebanaran, dengan demikian hendaknya hal ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan agar jangan sampai penilaian terhadap kegiatan itu menjadi negatif. Untuk mengatasi permasalah-permasalahn yang terjadi di masyarakat hendaklah Ustadz berperan aktif untuk membantu mencari solusinya dengan jalan memberikan pengarahan-pengarahan yang positif serta membuka forum tanya jawab setiap kegiatan pengajian dilaksanakan. xii Hendaklah para pejabat setempat yang berwenang khususnya di Desa kebanaran turut berpartisipasi secara aktif dalam membina serta memperhatikan perkembangan kegiatan-kegiatan di majelis ta.lim yang dipimpin kaum ibu. Kata Kunci : tanggapan, penyelenggaraan pengajian, majelis ta’lim

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.343 Majelis Ta'lim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 03 Oct 2016 01:56
Last Modified: 03 Oct 2016 01:56
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1287

Actions (login required)

View Item View Item