METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 4 WANADRI KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Salbiyah, 092334017 (2012) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 4 WANADRI KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Salbiah_METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terdapat kesan pelajaran yang kompleks dan sulit selain itu hasil pengalaman selama ini bahwa prestasi PAI siswa kurang memuaskan. sehingga ada kemungkinan terdapat faktor dari kemampuan menggunakan metode yang beragam. Untuk itu peneliti mencoba menelusuri lebih jauh pelaksanaan metode pembelajaran PAI di SD Negeri 4 Wanadri Kecamatan Bawang kabupaten Banjarnegara Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran PAI di SD Negeri 4 Wanadri Kecamatan Bawang kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif.,. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis datanya menggunakan analisa kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, diketahui Metode Pembelajaran PAI di SD Negeri 4 Wanadri adalah suatu cara untuk melakukan proses pembelajaran yang tertata dan terprogram untuk menentukan proses pembelajaran agar lebih efektif, efisien, terarah dan lebih baik serta mampu merubah perilaku peserta didik. Dengan demikian Metode Pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI di sekolah bisa dikatakan baik, karena metode pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kompetensi yang telah ditentukan yang mencakup aspek kognitif (pengetahuan), psikomotorik (ketrampilan), dan afektif (sikap). Penerapan metode pembelajaran PAI di SD Negeri 4 Wanadri Kecamatan Bawang kabupaten Banjarnegara tahun pelajaran 2011/2012 menggunakan beberapa metode diantaranya metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi dan pemberian tugas (resitasi). Metode pembelajaran yang digunakan sesuai dengan materi yang diajarkan dan biasanya metode pembelajaran yang digunakan tidak hanya mennggunakan ceramah saja tetapi dikombinasikan dengan metode yang lainnya seperti metode tanya jawab, metode demonstrasi dan metode pemberian tugas dalam setiap materi pembelajaran, hal itu dilakukan agar dalam suatu pokok bahasan bisa dipahami secara tuntas. Agar pembelajaran tidak monoton guru dituntut untuk kreatif dalam penggunaan metode pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode yang menarik agar situasi pembelajaran tidak membosankan. Kata Kunci : Metode pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 30 Sep 2016 02:51
Last Modified: 30 Sep 2016 02:51
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1276

Actions (login required)

View Item View Item