PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENYAJIAN DATA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VI MI MA’ARIF NU SUNYALANGU KARANGLEWAS BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Djihad Muslimin, 1123306044 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENYAJIAN DATA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VI MI MA’ARIF NU SUNYALANGU KARANGLEWAS BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text
Djihad Muslimin_PENINGKATAN HASIL BELAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Selama ini pembelajaran matematika materi penyajian data khususnya membuat dan membaca diagram lingkaran di kelas VI MI Ma’arif NU Sunyalangu masih tergolong rendah. Hal ini ditunjukkan pada nilai-nilai yang masih belum mencapai KKM, nilai KKM matematika adalah 60. Sedangkan ketuntasan belajar hanya mencapai 24%, dikarenakan selama ini pelajaran matematika kurang diminati siswa karena metode yang digunakan kurang menyenangkan. Sebagai solusinya, maka dilaksanakan pembelajaran mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving melalui penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penyajian data. Penelitian yang peneliti lakukan ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Ma’arif NU Sunyalangu yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 10 Pebruari 2014 dan siklus II dilaksanakan pada tanggal 13 Maret 2014.Analisis datanya disajikan dalam bentuk analisis deskriptif artinya membandingkan antara hasil nilai pada kondisi awal sebelum perbaikan dengan hasil tes yang diperoleh setelah mengadakan tindakan kelas pada siklus yang pertama dan kedua. Dari penelitian yang telah dilakukan peneliti maka terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I berhasil menuntaskan 13 dari 25 siswa dengan angka persentase 52% dan pada siklus II berhasil menuntaskan 20 dari 25 siswa dengan angka persentase 80%. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika pokok bahasan penyajian data di kelas VI MI Ma’arif NU Sunyalangu Karanglewas Banyumas. Kata kunci: Metode Pembelajaran Problem Solving, Hasail belajar, Mata Pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 28 Sep 2016 06:43
Last Modified: 28 Sep 2016 06:43
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1256

Actions (login required)

View Item View Item