MANAJEMEN PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER AGAMA ISLAM DI SMK TEKNIK KOMPUTER MBM RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS

FIKTA KUSUMANINGRUM, NIM. 102333017 (2015) MANAJEMEN PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER AGAMA ISLAM DI SMK TEKNIK KOMPUTER MBM RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
FIKTA KUSUMANINGRUM_MANAJEMEN PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER AGAMA ISLAM DI SMK TEKNIK KOMPUTER MBM RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (915kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap satuan pendidikan. Rendahnya mutu pendidikan ditandai dengan kurangnya pembinaan agama Islam baik melalui proses belajar mengajar maupun melalui kegiatan ekstrakurikuler. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research) yaitu pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah pelaksanaan manajemen pembinaan ekstrakurikuler agama Islam, sedangkan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kesiswaan dan pembina koordianator ekstrakurikuler. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan metode analisis data kualitatif, yaitu metode yang digunakan terhadap suatu data yang dikumpulkan kemudian disusun, dijelaskan dan kemudian dianalisa. Manajemen dalam sebuah organisasi atau lembaga pendidikan adalah alat untuk mengatur secara baik dan sistematis mengenai perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Sebuah lembaga pendidikan dapat dikatakan baik atau tidak sangat tergantung pada sistem pengelolaan manajemen, karena dengan pengelolaan manajemen yang baik semua kegiatan dapat terpantau untuk mewujudkan tujuan yang telah direncanakan yaitu pelaksanaan manajemen pembinaan ekstrakurikuler agama Islam, SMK Teknik Komputer MBM Rawalo Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas mengelola fungsi-fungsi manajemen di dalamnya dari mulai perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Dalam kegiatan perencanaan, telah ditentukan bentuk dan jenis kegiaatan yang akan dilakukan dan waktu pelaksanaan sudah ditetapkan dan perencanaan ini sudah baik karena dengan perencaan akan lebih mudah untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam kegiatan pengorganisasian telah ditentukan job description, pembentukan kepengurusan serta menjalin kerja sama dengan para guru. Dalam fungsi penggerakkan semua kegiatan berada pada tanggung jawab kepala sekolah. Fungsi pengawasan menetapkan alat ukur dan penilaian untuk siswa dan diadakan rapat bulanan untuk mengetahui kendala-kendala yang ada dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: fungsi-fungsi manajemen, ekstrakurikuler agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 School Discipline
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 21 Sep 2016 04:18
Last Modified: 21 Sep 2016 04:18
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1224

Actions (login required)

View Item View Item