PEMBELAJARAN BTA DAN PPI DI SMP DIPONEGORO 8 RAWALO KABUPATEN BANYUMAS

NUROHMAN EFENDI, NIM. 1223301126 (2016) PEMBELAJARAN BTA DAN PPI DI SMP DIPONEGORO 8 RAWALO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] Text
NUROHMAN EFENDI_PEMBELAJARAN BTA DAN PPI DI SMP DIPONEGORO 8 RAWALO KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran BTA dan PPI pada hakikatnya berorientasi pada pembelajaran membaca Al-Qur‟an dan mempraktekan ibadah sesuai rukun islam, bahwa belajar membaca Al -Qur‟an adalah belajar mendengarkan bacaan Al-Qur‟an dengan baik, belajar menirukannya, belajar mengenal simbol tulisan Al-Qur‟an, belajar membaca atau melafalkan simbol tersebut dan belajar memperbaiki bacaanya sesuai kaidah ilmu tajwid, selain itu mempraktekan ibadah-ibadah yang sesuai dengan aturan atau ketetapan yang ada. Program diterapkan dalam rangka proses yang sengaja dirancang untuk menciptakan terjadinya aktifitas belajar dalam diri individu yang dilakukan didalam jam pembelajaran untuk menumbuhkembangkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu suatu penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu variabel, keadaan atau gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Serta dalam pengumpulan data dilakukan secara langsung di lokasi penelitian. Dalam penelitian ini peneliti menggambarkan mengenai pembelajaran yang BTA dan PPI di SMP Diponegoro 8 Rawao Kabupaten Banyumas yang didalamnya berupa metode yang digunakan. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa SMP Diponegoro 8 Rawalo Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data, peneliti menggunakan teori Miles dan Humberman yaitu mulai dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclution drawing/verification). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran BTA dan PPI sudah bagus. Keberhasilan program dilaksanakan oleh dan merupakan tanggung jawab dari seluruh warga sekolah, yaitu Kepala Sekolah, Guru, semua Staff Karyawan, para siswa dan Orang Tua. Kata kunci: Pembelajaran, BTA dan PPI, SMP Diponegoro 8 Rawalo Kabupaten Banyumas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 20 Sep 2016 03:05
Last Modified: 20 Sep 2016 03:05
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1212

Actions (login required)

View Item View Item