PEMBACAAN SURAH AT-TAUBAH DALAM TRADISI MITONI (KAJIAN LIVING QUR'AN DI DESA PLIKEN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS)

Umi, Rofi'ah (2021) PEMBACAAN SURAH AT-TAUBAH DALAM TRADISI MITONI (KAJIAN LIVING QUR'AN DI DESA PLIKEN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMI ROFI'AH_PEMBACAAN SURAH AT-TAUBAH DALAM TRADISI MITONI (KAJIAN LIVING QUR'AN DI DESA PLIKEN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembacaan surah at-Taubah dalam tradisi mitoni di Desa Pliken Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas merupakan tradisi yang unik. Tradisi ini berbeda dengan tradisi mitoni yang pada umumnya membaca surah Yusuf, Maryam, ar-Rahman, al-Waqi’ah, Yasin, al-Kahfi, dan al-Mulk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosesi tradisi mitoni di Desa Pliken, serta untuk mengetahui resepsi dari pembacaan surah at-Taubah dalam tradisi mitoni tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber primer dari penelitian adalah tokoh dan masyarakat setempat yang mempraktikkan tradisi mitoni. Adapun sumber sekundernya adalah informasi-informasi yang diperoleh dari buku dan jurnal yang terkait dengan objek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis melalui 2 tahap: tahap pertama melalui reduksi, display, dan verifikasi data. Kemudian tahap kedua, data dianalisis dengan menggunakan teori resepsi dari Ahmad Rafiq dan teori resepsi dari Hans Robert Jauss. Dengan kedua teori tersebut, dapat dijelaskan resepsi dari pembacaan surah at-Taubah dalam tradisi mitoni di Desa Pliken. Dari penelitian yang telah dilakukan, hasil yang didapatkan adalah sebagai berikut: 1. Proses mitoni dengan menggunakan bacaan surah at-Taubah di Desa Pliken terdiri dari dua model. Pertama, prosesi mitoni dengan membaca surah at-Taubah, diselingi dengan beberapa kali doa qunut, dan doa penutup. Selain itu, terdapat pembagian takir yang disebut dengan selamatan. Model kedua, sama dengan model pertama, tetapi ditambah dengan ritual adat kejawen berupa: keramasan, kepungan nini-nini dan bocah angon, bladogi umah, dan tahlilan. 2. Resepsi pembacaan surah at-Taubah dalam tradisi mitoni di Desa Pliken mempunyai: a. fungsi performatif: surah at-Taubah difungsikan oleh masyarakat Desa Pliken dalam ruang sosialnya (mitoni); b. tipologi fungsional: yakni surah at-Taubah dimaksudkan sebagai media permohonan ampunan kepada Allah Swt, agar ibu yang sedang mengandung dan jabang bayinya senantiasa dilindungi dan diberi kesehatan oleh Allah Swt dengan bentuk insidental-komunal: yakni dilaksanakan pada waktu seorang ibu sedang mengandung usia tujuh bulanan dan tradisi tersebut dilakukan oleh beberapa orang yang membacakan surah at-Taubah. Adapun makna pembacaan surah at-Taubah dalam tradisi mitoni di Desa Pliken adalah: a. Sebagai pertobatan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt, b. Sebagai pembawa berkah, c. Sebagai wasilah permohonan kepada Allah Swt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Surah at-Taubah, Mitoni, dan Resepsi
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.19 Ilmu Al Qur'an Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.6 Kandungan Al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Umi Rofi'ah sdri
Date Deposited: 30 Oct 2021 03:27
Last Modified: 30 Oct 2021 03:27
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/12117

Actions (login required)

View Item View Item