PENGGUNAAN ALAT PERAGA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 1 KEDUNGURANG KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Tyas Titis Hestiana, NIM. 1123305085 (2016) PENGGUNAAN ALAT PERAGA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 1 KEDUNGURANG KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text
TYAS TITIS HESTIANA_PENGGUNAAN ALAT PERAGA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 1 KEDUNGURANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)

Abstract

Alat peraga adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyatakan pesan merangsang pikiran, perasaan dan perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar, dan juga membantu peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan apa yang dipelajarinya. Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan alat peraga pelajaran matematika kelas V SD Negeri 1 Kedungurang kecamatan Gumelar kabupaten Banyumas tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas dan peserta didik. Sedangkan untuk menganalisanya penulis menggunakan Model Miles and Huberman, terdiri dari: reduksi data/data reduction, penyajian data/data display, dan tahap penarikan kesimpulan/conclution drawing atau verification. Kesimpulan hasil penelitian menyebutkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dalam mata pelelajaran matematika telah dilaksanakan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran diaksanakan di ruang kelas V. Di mana proses pembelajaran tersebut menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi yang deiberikan dalam mapel matematika. Dampak penggunaan alat peraga dalam pembelajaran adalah meningkatkan minat belajar, meningkatkan keaktifan siswa dan meningkatkan keeratan yang terjalin antara guru kelas dan siswa. Kata kunci: Alat Peraga, Pembelajaran, Mata Pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Abd El-Rohim El-Qathamiyyi
Date Deposited: 19 Sep 2016 07:34
Last Modified: 19 Sep 2016 07:34
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item