PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR MELAKUKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN SAMPAI DENGAN DUA ANGKA DALAM PEMECAHAN MASALAH MELALUI MEDIA BANGUN KUBUS WARNA BAGI SISWA KELAS I MI MA’ARIF NU 1 PANUSUPAN KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Diny Khasanah, 082336012 (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KOMPETENSI DASAR MELAKUKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN SAMPAI DENGAN DUA ANGKA DALAM PEMECAHAN MASALAH MELALUI MEDIA BANGUN KUBUS WARNA BAGI SISWA KELAS I MI MA’ARIF NU 1 PANUSUPAN KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (780kB) | Preview
[img] Text
Dhini Khasanah_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang memerlukan konsep mendalam. Oleh karena itu, guru dituntut dapat menciptakan pembelajaran yang dapat menarik minat siswa terhadap mata pelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika dapat dilakukan dengan cara-cara yang menyenangkan seperti menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran, selain dapat meningkatkan minat belajar siswa juga media berfungsi sebagai alat peraga untuk membantu pemahaman siswa. Dengan demikian, diharapkan tujuan pembelajaran akan tercapai. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka bagi siswa kelas I MI Ma’arif NU 1 Panusupan. 2) mengembangkan beberapa alternatif media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yaitu suatu perencanaan dan pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Penelitian Tindakan Kelas ini bersifat partisipatif, yakni peneliti terjun langsung dan berpartisipasi dalam sebuah proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas I MI Ma’arif NU 1 Panusupan dibagi dalam 2 siklus. Dari hasil analisis data dan temuan-temuan selama proses perbaikan pembelajaran, dapat ditarik dijelaskan bahwa penggunaan media kubus warna pada pembelajaran Matematika pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka bagi siswa kelas I MI Ma'arif NU 1 Panusupan sangat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menerima materi pelajaran yang diberikan. Terbukti dari hasil tes sebelum perbaikan menggunakan media/alat peraga dengan hasil tes setelah menggunakan alat peraga terdapat perbedaan. Adapun hasil tes pada studi awal sebelum perbaikan ketuntasan hanya 2 anak atau 5,71%. Pada hasil tes formatif setelah perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media kubus wama, pada siklus I nilai nilai ketuntasan menjadi 18 anak 51,43% dan naik lagi pada siklus II menjadi 32 anak atau 91,43%. Dengan melihat perubahan prosentase pada tiap siklus tersebut terjadi kenaikan yang cukup signifikan. Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Oprasi Hitung, Kubus Warna

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 20 Sep 2016 00:27
Last Modified: 20 Sep 2016 00:27
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/1198

Actions (login required)

View Item View Item