PARTISIPASI ORANGTUA DALAM PEMBELAJARN PAI PADA PANDEMI MASA COVID 19 DI DESA PANEMBANGAN CILONGOK BANYUMAS

Ayub, Aji Abdillah (2021) PARTISIPASI ORANGTUA DALAM PEMBELAJARN PAI PADA PANDEMI MASA COVID 19 DI DESA PANEMBANGAN CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AYUB AJI ABDILLAH_PARTISIPASI ORANGTUA DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA PANEMBANGAN CILONGOK BANYUMAS (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ada Dasarnya pendidikan memiliki tujuan membentuk manusia menjadi pribadi seutuhnya mandiri, memahami, mengamalkan nilai-nilai pendidikan dan nilai-nilai kemanusiaan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari. Jadi pendidikan bukan hanya sekedar mentranfer ilmu atau memberikan materi pelajaran saja, tetapi memiliki makna dan tujuan yang lebih luas dan mendalam. Maka dari itu pendidikan sangat lah penting bagi manusia. Karena sesungguhnya manusia diciptakan untuk menjadi pemimpin di bumi dan diciptakan sesempurnya makhluk yang memiliki akal dan fikiran untuk menjalankan kewajibannya sebagai manusia yaitu menuntut ilmu. Namun sekarang keadaan berbeda setelah pandemi covid 19 ini melanda, pendidikan di Indonesia saat ini harus bisa mengikuti alur yang dapat membantu kondisi sekolah dalam keadaan darurat. Musibah ini sangat memilukan bagi seluruh penduduk bumi. Semua pemerintah negara di dunia termasuk Indonesia harus mengambil keputusan yang pahit menutup sekolah dan mengurangi kontak fisik antar orang dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang partisipasi orangtua dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid 19. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskripsi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa partisipasi orangtua dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid 19 di Desa panembangan, para orangtua melakukan sistem Parenting atau pola asuh, yang ditunjukkan sebagai membangun lingkungan rumah untuk mendorong ank-anak sebagai murid, Communicating atau komunikasi, Volunteering atau sukarelawan, Learning at home atau belajar dirumah, Colaborating with Community atau bekerjasama dengan masyarakat dengan bentuk mengidentifikasi dan mengintegrasikan sumber daya dan pelayanan dari masyarakat untuk menunjang program-program sekolah, kegiatan di rumah dan pengembangan belajar anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Orangtua, Pembelajaran PAI, Pandemi Covid 19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AYUB AJI ABDILLAH sdr
Date Deposited: 29 Oct 2021 08:17
Last Modified: 29 Oct 2021 08:17
URI: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/11964

Actions (login required)

View Item View Item